Bermain Gitar Juga Perlu Motivasi, Loh!

Motivasi penting dimilikki dan ditanamkan termasuk dalam bermain gitar. Salah satu caranya adalah mencari Influencer agar kita ikuti langkahnya.
Ilustrasi - Main Gitar. (Foto: Tagar/Brent Keane)

Jakarta - Motivasi penting dimilikki dan ditanamkan pada setiap orang untuk mencapai suatu hal, termasuk dalam bermain gitar. Motivasi itu bisa datang karena faktor dari luar yang mempengaruhi pikiran kita. Jadi, kita perlu mencari pemengaruh atau influencer supaya kita terdorong mengikuti langkahnya. Langsung saja kita simak langkah-langkah berikut.


Cari Sumber Goncangan

Sering kali kita merasa emosi kita sedang berkobar-kobar karena melihat atau mendengar sesuatu. Tentu saja ini sarana bagi kita untuk menyalurkan emosi kita secara benar. Biasanya hal-hal yang sering saya alami adalah ketika melihat video atau membaca profil gitaris. Hal tersebut sering membuat perasaan saya terbakar untuk berlatih lebih keras.

Jadi ketika ada sesuatu yang menguncang perasaan anda gunakanlah untuk bermain gitar. Ini tentu saja akan membantu untuk menyalurkan emosi Anda dan tentunya sangat berguna untuk membangkitkan motivasi Anda.

Saingan di sini dalam hal positif. Banyak orang-orang sebaya Anda yang juga sedang mencoba belajar gitar. Ajaklah mereka bersaing untuk membuat anda semakin bersemangat. Persaingan terbukti menambah hasrat kerja keras kita.

Semangat bersaing ini akan membangkitkan motivasi Anda untuk menjadi lebih baik lagi. Saat Anda bersaingan teman sebaya atau dengan orang-orang yang mungkin lebih hebat dari Anda maka kapasitas Anda menjadi sangat diperhitungkan.

Cara ini sama sekali tidak akan menimbulkan perselisihan tetapi sebaliknya akan sangat menyenangkan. Kenapa? Karena bila Anda bersaingan dengan orang-orang hebat dan berarti Anda juga termasuk yang hebat. Tapi perlu di ingat, jangan pernah menjadi tinggi hati dalam persaingan biarpun kenyataannya Anda lebih unggul.


Target

Kita harus memasang target tertentu agar jelas capaian dari pembelajaran. Kita bisa mulai dengan kemampuan menirukan lagu. Jadi secara tidak langsung memaksa kita mencapai target itu. Mungkin dalam mencapai target kita juga merasa bosan tapi karena sudah ada target yang harus dikejar maka otomatis kita diharapkan tetap fokus. 


Berjanji pada diri sendiri

Ada argumen yang mengatakan bahwa mengucapkan janji itu gampang tetapi menepatinya yang susah. Kenapa kita harus berjanji pada diri sendiri? Tidak jarang kita menghadapi masa sulit di mana harus dihadapkan pada pilihan-pilihan tertentu. Misalnya saya sendiri harus kuliah di jurusan matematika padahal saya ingin sekali fokus dengan gitar. Tentu saja pilihan yang seperti ini menempatkan kita pada kondisi yang tidak mengenakkan. Berkat janji yang telah dibuat sebelumnya, kita akan selalu berpegangan pada janji itu.


Cari Influencer

Penting juga bagi kita menemukan tokoh atau Influencer agar kita terdorong mengikuti jejak langkahnya. Sebelum tokoh idola bisa bermain sejago itu, tentu pernah mengalami pembelajaran berdarah-darah.

Tentu saja masih banyak cara-cara yang lain dalam membangkitkan motivasi untuk bermain gitar. Masih ada banyak cara lain untuk membangkitkan motivasi anda bermain gitar. Jangan berhenti mengulik dan berbagi. []


Baca juga


Berita terkait
Yamaha Pacifica 611 VFM, Gitar yang Direkomendasikan
Memilih gitar tidak sekadar instrumen gitar, tapi juga berat, bentuk, kualitas senar dan suara. Yamaha Pacifica 611 VFM menjawab kebutuhanmu.
Penyandang Disabilitas Distrofi Otot Bisa Bermain Gitar
Rancangan senar khusus pada gitar memungkinkan seorang disabilitas dengan penyakit distrofi bisa bermian gitar
Manfaat Bermain Gitar dalam Kehidupan Sehari-hari
Bermain gitar memiliki sederet manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tidak sekadar permainan saja, bermain gitar dapat meringankan sakit kepala.
0
Bursa Kripto Lindungi Konsumen, Ciptakan Kepercayaan Publik
Jerry Sambuaga mengatakan bursa kripto, dapat meningkatkan volume perdagangan kripto dan menciptakan kepercayaan publik.