Jakarta, (Tagar 25/3/2019) - Musisi Ahmad Dhani telah ditahan di Rumah Tahanan (rutan) Kelas I Surabaya Medaeng Waru, Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur. Selama dibui, musisi yang satu ini kerap mengalami masalah kesehatan.

Kurang lebih sekitar dua pekan mendekam di hotel prodeo, Dhani sudah dikabarkan stres hingga kesehatannya pun menurun.

Sebelum dipindahkan ke rutan Medaeng Waru, Ahmad Dhani sempat ditahan di Rutan Cipinang Jakarta Timur. Sejak mendekam di sana, ayah dari Al Ghazali ini juga sudah ditempatkan di sel yang bebas dari asap rokok.

Menurut Kepala Rutan Cipinang, Oga G. Darmawan, Ahmad Dhani mengidap penyakit anti-asap rokok sehingga ditempatkan di sel yang bebas dari asap rokok. Namun Oga tak menjelaskan sakit apa yang diderita oleh Ahmad Dhani itu.

Ahmad DhaniTerdakwa kasus dugaan pencemaran nama baik Ahmad Dhani menghadiri sidang lanjutan ketiga di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/2/2019). Sidang lanjutan itu beragendakan tanggapan jaksa penuntut umum terhadap nota keberatan dari pihak terdakwa. (Foto: Antara/Didik Suhartono)

Belum lama ini juga dikabarkan, Ahmad Dhani sakit asam urat hingga harus diinfus di dalam Rutan tersebut.

Kaki kanannya, dikabarkan mengeluarkan bintik-bintik merah. Akibatnya membuat ayah dari Al Ghazali ini kesulitan berjalan.

Kedua putra Ahmad Dhani, Al Ghazali dan Dul Jaelani tidak mengetahui jika penyakit asam urat yang diderita ayahnya kambuh. Mendengar ayahnya sakit, anak pertama Ahmad Dhani ini mengaku akan menjenguk ayahnya pada 31 Maret.

Di media sosial penyakit yang diderita Ahmad Dhani mendapat tanggapan sejumlah netizen. Terbaru, ketika Dhani mengalami sakit asam urat, banyak netizen yang menganggap pentolan grup musik Dewa 19 itu tidak sekuat yang dibayangkan.

"Sumpah..Lu LEMAH BANGET..
Lu MANJA..Lu LETOY.. Gw pikir lu kuat dan sangar.. Ampe bilang pengen ngeludahin muka Orang. Ternyata kuat itu gak bisa Pura2. Lemah ya lemah aja bro Dani apa mw nangis lagi kyk video kamren..?? Uluh..uluh CENGENG," cuit akun @Airin_NZ.

"Tragis juga nasib si singa sosmed ini ya...Tempo hari, teriak teriak sombong kaya hebat banget, baru masuk penjara yabg begini udah ngedrop...
Gmana kalau dipenjara kaya di Korea Utara?
Tinggal nama aja kau dan!," sambut @Julis_Suryadi.

"Semoga lekas dijemput.....  Yang maha kuasa," samber akun @donys168.

"Obatin pakai allopurinol aja....apa perlu disumbang?," tambah @Fadjar_Setyanto.

Seperti diketahui, Ahmad Dhani menjalani proses persidangan kasus ujaran idiot dalam vlog yang dibuatnya di Hotel Majapahit, Surabaya, beberapa waktu lalu. Atas tindakannya, ia dijerat pasal 45 ayat 1 jo 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Baca juga: Ahmad Dhani, 23 Hari di Penjara Gimana Kabarnya?