Batalkan Pesanan GoRide dan GoCar Tanpa Pinalti

Manajemen Gojek menyatakan bahwa mitra driver dan penumpang pada layanan GoRide dan GoCar dapat membatalkan pesanan tanpa penalti.
Gojek memasang sekat pelindung di armada Gocar sebagai implementasi protokol kesehatan dalam menyambut era normal baru. (Foto: Antara/HO-Gojek/Reno Ashaf/am)

Jakarta - Manajemen Gojek menyatakan bahwa mitra driver dan penumpang pada layanan GoRide dan GoCar dapat membatalkan pesanan tanpa penalti, apabila ada satu di antara keduanya yang tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker. 

"Baik mitra pengemudi maupun konsumen bisa cancel (pesanan layanan penumpang) kalau ada satu di antaranya yang tidak pakai masker," kata Senior Vice President Transport Marketing Gojek, Monita Moerdani melalui konferensi virtual, dikutip dari Antara, Rabu, 10 Juni 2020.

Menurut Monita, hal ini dirasa dapat dimaklumi karena menunjukkan bahwa telah terbentuk kesadaran kolektif, baik bagi mitra pengemudi dan penumpang, dalam adaptasi penerapan keadaan kenormalan baru atau new normal.

Sekat Pelindung GoRideManajemen Gojek melakukan uji coba sekat pelindung pada layanan GoRide, Rabu, 10 Juni 2020. (Foto: Gojek)

Berdasarkan Jadwal Pembukaan Transisi Fase I yang dipaparkan Pemprov DKI, Kamis (4/6/2020), layanan transportasi dengan sepeda motor termasuk GoRide dapat melayani penumpang kembali sejak Senin (8/6/2020)

Gojek telah menetapkan prosedur yang mengedepankan aspek kebersihan dan kesehatan pada layanan transportasi GoRide dan GoCar mereka menyambut pelonggaran pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Gojek mewajibkan mitra pengemudi untuk menggunakan masker, sarung tangan dan hand sanitizer sebagai syarat untuk menjalankan order, sesuai dengan peraturan pemerintah. 

Gojek juga mengimbau penumpang GoRide untuk membawa helm SNI pribadi. 

"Kami memberlakukan protokol kesehatan yang sesuai dengan peraturan yang dibuat pemerintah. Mitra dan konsumen harus pakai masker, pelanggan untuk membawa helm sendiri, hingga pembatasan jumlah orang di mobil (untuk Gocar)," kata Monita. 

Dari segi teknologi, Gojek telah menambah fitur informasi kesehatan mitra dalam aplikasi, yang memungkinkan pengguna mengetahui suhu tubuh mitra pengemudi dan status disinfeksi kendaraan mitra driver melalui aplikasi Gojek.[]

Berita terkait
Gojek Uji Coba Sekat Pelindung Penumpang GoRide
Manajemen Gojek melakukan uji coba sekat pelindung pada layanan GoRide yang terpasang di antara pengemudi dan penumpang.
Protokol Kesehatan Gojek Sambut New Normal
Prosedur kesehatan Gojek ini mengedepankan aspek kebersihan untuk transportasi GoCar dan GoRide.
Facebook dan PayPal Jadi Investor Baru Gojek
Setelah Google dan Tencent, Gojek mendapat investor baru lagi yakni Facebook dan PayPal.