Bank ANZ Dituding Lakukan Pencucian Uang Narkoba

Lembaga Pengawasan Transaksi Keuangan Australia, AUSTRAC, menuduh Bank ANZ telah melakukan tindak kejahatan pencucian uang dari kejahatan narkoba.
ANZ Bank, Australia. (Foto: Geyer)

Perth, (Tagar 9/8/2017) - Lembaga Pengawas Transaksi Keuangan Australia, AUSTRAC, menuduh Bank ANZ telah melakukan tindak kejahatan pencucian uang dari hasil kejahatan narkoba, seperti dikutip media Australian Financial Review (AFR), Rabu (9/8).

Menurut laporan media itu, pekan lalu, ada organisasi kelompok kejahatan di Australia telah penggunaan IDM Bank ANZ untuk mencuci uang hasil penjualan narkoba. Pihak ANZ membantah laporan media AFR itu. Bank ANZ juga menyatakan, tidak mengetahui penyelidikan yang telah dilakukan AUSTRAC.

"AUSTRAC telah memeriksa ATM dan IDM (Intelligent Deposit Machines) milik ANZ, akhir tahun 2015 lalu dan sudah menyampaikan ke ANZ pada Februari 2017. Di situ tak ada bukti ketidakpatuhan pada regulasi antipencucian uang," demikian bunyi pernyataan resmi ANZ. "Kami memahami peran kami dalam menjaga keamanan sistem keuangan di Australia," kata pejabat Bank ANZ, Nigel Williams.

William juga menegaskan, pihaknya mendukung peran AUSTRAC untuk menggagalkan kejahatan keuangan serius di Australia. Selain Bank ANZ, menurut AUSTRAC, ada bank lain yang juga dicurigai melakukan kejahatan yang sama yaitu Bank Westpac dan Commonwealth Bank (CBA).(wwn/ABCNews)

Berita terkait
0
Melihat Epiknya Momen Malam HUT DKI Jakarta Lewat Lensa Galaxy S22 Series 5G
Selain hadir ke kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam agenda perayaan HUT DKI Jakarta, kamu juga bisa merayakannya dengan jalan-jalan.