UNTUK INDONESIA
Balikin Oh Balikin... Tanah Itu pada Rakyat Lagi
Balikin oh balikin... tanah itu pada rakyat lagi. #BalikinUntukRakyat guncang Twitter menyusul pidato Jokowi di Sentul.
Jokowi saat berpidato dalam Konvensi Rakyat di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2). (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Jakarta, (Tagar 25/2/2019) - Tanda pagar #BalikinUntukRakyat menempati peringkat pertama trending Twitter, Senin pagi (25/2). Menyusul pidato kebangsaan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo pada Minggu malam di Sentul, bahwa ia menunggu pemilik konsesi lahan besar yang mau mengembalikan konsesinya kepada negara.

"Saya tunggu sekarang dan akan saya bagikan untuk rakyat kecil karena masih banyak rakyat yang membutuhkan," kata Jokowi di hadapan ribuan pendukungnya, Minggu malam (24/2).

Sebelumnya dalam debat pilpres kedua, terungkap fakta calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memiliki lahan seluas 340 ribu hektare di Aceh dan Kalimantan. Jokowi yang membuka fakta ini.

Prabowo yang gemar mengumbar retorika teori kelas dalam kampanye, pada kesempatan debat itu mengakui kepemilikan 340 ribu hektar tanah tersebut dan mengatakan siap mengembalikan pada negara apabila rakyat memintanya.

Pidato Jokowi di Sentul Minggu malam sontak disambut hingar-bingar oleh netizen. 

"Balikin oh balikin," kata-kata ini digunakan banyak netizen dalam merespon pidato tersebut, kata-kata yang mengacu pada lirik lagu Slank berjudul 'Balikin'.

"Hayoo, siapa yang udah janjii balikin tanah, ditunggu ya!" tulis netizen dengan akun @Neylbi04.

"Angka kemiskinan turun 10 % untuk pertama kalinya, karena pemimpinnya juga tidak serakah dan selalu memberi untuk rakyat," tulis Neylbi04 lagi. []

Baca perkembangan tentang kepemilikian lahan Prabowo dalam Fokus Berita: Tanah Prabowo

Berita terkait
0
Pesan PAN Terhadap 38 Menteri yang Dilantik Jokowi
Politikus PAN Rizal Fadilah mengingatkan para menteri yang sudah dilantik Jokowi selalu mengedepankan pelayanan masyarakat.