AS Tuding Peretas Iran Akses Data Pemilih Pilpres Amerika

Peretas Iran dituding AS berada di balik gelombang ancaman yang dikirim ke ribuan warga Amerika Serikat awal bulan Oktober 2020
Contoh ransomware Locky sebagai ilustrasi. (Foto: voaindonesia.com - Courtesy/Christiaan Colen via Flickr Creative Commons 2.0)

Jakarta – Para pejabat Amerika mengatakan, 30 Oktober 2020 malam waktu setempat, bahwa para peretas Iran berada di balik gelombang email ancaman yang dikirim ke ribuan warga Amerika pada awal bulan Oktober 2020. Email itu mengklaim berhasil mengakses data pemilih.

Pernyataan tersebut, yang dikeluarkan bersama oleh FBI dan Badan Keamanan Siber dan Keamanan Infrastruktur (CISA) Departemen Keamanan Dalam Negeri, sebagian mengkonfirmasi keaslian video yang didistribusikan sebagai bagian dari kampanye disinformasi yang sempat menarik perhatian ketika dipublikasikan pada pekan lalu.

Kampanye tersebut, yang terdiri dari ribuan email ancaman yang dikirim secara acak ke pemilih Amerika atas nama kelompok sayap kanan pro-Trump, menampilkan video di mana seorang peretas mengaku dengan menunjukkan bagaimana mereka dapat menyebabkan kekacauan dengan membobol catatan pendaftaran pemilih.

Para ahli yang memeriksa rekaman tersebut mengatakan bahwa itu hanyalah upaya untuk menakut-nakuti para pemilih mengenai keamanan pemilihan pada 3 November 2020, tetapi pertanyaan mengenai apakah para peretas memang benar-benar berhasil membobol daftar itu belum terjawab hingga sekarang.

CISA dan FBI, Jumat, 30 Oktober 2020, mengkonfirmasi bahwa “aktor tersebut berhasil memperoleh data pendaftaran pemilih di setidaknya satu negara bagian.”

Negara bagian itu tidak diidentifikasi, meskipun rincian pribadi yang diklaim dari pemilih Alaska secara singkat ditampilkan dalam video yang ditayangkan oleh peretas. (lt/pp)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Pilpres Amerika Serikat Tahun 2020 dari Kacamata Kartunis
Pilpres Amerika Serikat akan dilangsungkan tanggal 3 November 2020, para kartunis pun tidak tinggal diam dengan menggoreskan hal terkait pilpres
Lima Masalah Utama dalam Pilpres Amerika Serikat 2020
Rakyat Amerika Serikat menghadapi Pilpres tahun 2020 dengan lima masalah atau isu besar yang bisa jadi penentuan pilihan mereka
AS Beri Peringatan Atas Campur Tangan Rusia dan Iran
Pemerintah AS memperingatkan Rusia dan Iran atas serangan terhadap jaringan sistem komputer terkait dengan Pilpres AS
0
Bentuk Satgas BLBI, Mahfud MD: Mereka Tak Bisa Sembunyi Lagi
Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, Satgas akan memburu para obligor dan debitur BLBI sehingga mereka tidak bisa kabur lagi.