Arsene Wenger Pelatih Sepak Bola yang Dijuluki The Professor

Arsene Wenger pelatih sepakbola asal Prancis, melatih Arsenal selama 22 tahun, jadi pelatih terlama di Liga Inggris
Arsene Wenger bersama Arsenal (Sumber: arsenal.com

Jakarta - Arsene Wenger nama yang tidak asing di kalangan pecinta sepak bola dan penggemar dari klub Arsenal, Inggris, adalah seorang pelatih sepak bola dengan julukan The Professor. Dia membawa Arsenal menjuarai Eropa bahkan dunia. Yuk .... Kita simak profil dari Arsene Wenger ....

Arsene Wenger lahir pada tanggal 22 Oktober 1949 di Strasbourg, Prancis. Anak dari pasangan Louise dan Alphonse Wenger ini mempunyai saudara laki-laki bernama Guy yang juga seorang pesepakbola. Ayah Wenger adalah pebisnis suku cadang mobil dan juga pelatih sepakbola amatir untuk tim lokal dan Ibu Wenger mempunyai res, karena jarak pekerjaan Ayah Wenger yang jauh mereka sekeluarga memutuskan untuk pindah ke Duttleheim.

Mulanya Arsene Wenger memulai karier sebagai pemamin sepak bola professional pada tahun 1978 di Klub RC Strasbourg dan turun sebagai pemain bertahan. Sayangnya, karier dalam pesepakbola profesionalnya hanya berlangsung dengan singkat.

Arsene WengerArsene Wenger (Sumber: arsenal.com)

Karier pelatih Wenger dimulai pada tahun 1984 dengan klub Nancy, namun ternyata tidak banyak kamjuan yang diperoleh klub hingga berujung pada pemecatan Wenger. Setelah gagal melatih Nancy, pada tahun 1987 Wenger dipercaya untuk melatih AS Monaco. Kali ini, klub berhasil ia bawa menjuarai liga pada tahun 1988, lalu pada tahun 1991 meraih juara Coupe de France.

Tetapi ,Wenger dan klub AS Monaco gagal mempertahankan gelar dan berujung pemcatan dengan persetujuan bersama pada tahun 1994. Wenger kemudian melatih klub J.League liga Jepan, Nagoya Grampus Eight, dan berhasil menjuarai Piala Kaisar dan Piala Jepang, klub ini juga berhasil dibawa naik peringkat oleh Wenger menjadi peringkat dua klasemen.

Pada tahun 1996, Wenger kembali diberi kepercayaan menjadi pelatih klub Arsenal, Wenger berhasil membawa perubahan untuk Arsenal dan dua tahun kemudian meraih gelar double winner dengan menjuarai Liga Premier Inggris dan Piala FA di musim 1997/1998. Wenger juga membawa Arsenal ke final UEFA Cup 2000 dan final Piala FA 2001.

Kemudian meraih gelar juara liga dan Piala FA 2002. Arsenal berhasil mempertahankan gelar juara Piala AF pada tahun 2003 dan tahun berikutnya meraih gelar liga, dan menjadi klub pertama menjalani pertandingan Liga Inggris tanpa kekalahan sehingga Arsenal berhasil mengalahkan rekor Preston North End. Tahun 2003-2004 merupakan tahun kejayaan bagi Arsenal di mana tahun tersebut menjadi tahun dengan torehan trofi dan emas terbanyak Arsenal.


Arsene WengerManajer Arsenal, Arsene Wenger. (Foto: Skysport)

Arsene Wenger melatih Arsenal selama 22 tahun, menjadi pelatih terlama di klub tersebut. Wenger sendiri mendapatkan julukan The Professor dari penggemar dan media Inggris karena kepiawaiannya dan sikap rajin yang dimiliki Wenger. Pada tahun 2018, Arsene resmi mundur dari posisinya sebagai pelatih Arsenal, dan semenjak itu menjabat jadi eksekutif FIFA (dari berbagai sumber). []

- Joevita Aurora

Arsene Wenger: Mbappe Pemain Cerdas dan Berkarakter

Kemenangan Arsenal atas West Ham, Laga Perpisahan Arsene Wenger

Momen Langka di Old Trafford, Sir Alex Beri Hadiah ini untuk Arsene Wenger

Penyesalan Terbesal Arsene Wenger Gagal Datangkan Christiano Ronaldo ke Arsenal

Berita terkait
Pengganti Pelatih Milan, dari Shevchenko Sampai Wenger
Pelatih AC Milan Marco Giampaolo terancam dipecat. Sejumlah nama sudah disebut mulai Andriy Shevchenko, eks pemain Milan, sampai Arsene Wenger.
0
Arsene Wenger Pelatih Sepak Bola yang Dijuluki The Professor
Arsene Wenger pelatih sepakbola asal Prancis, melatih Arsenal selama 22 tahun, jadi pelatih terlama di Liga Inggris