UNTUK INDONESIA
Anwar Ibrahim Jadi Perdana Menteri Malaysia pada 2020
Transisi kekuasaan Malaysia dari Perdana Menteri Mahathir Mohamad ke Anwar Ibrahim akan berlangsung pada pertengahan 2020.
Anwar Ibrahim. (Foto: Instagram/@anwaribrahim_my)

Jakarta - Peralihan kepemimpinan Malaysia dijadwalkan akan berlangsung pada pertengahan 2020. Peralihan tersebut dilakukan dari Perdana Menteri Tun Dr. Mahathir Mohamad kepada Ketua Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim 

"Terkawal (peralihan kekuasaan, red), sekitar tahun depan, 2020, pertengahan tahun," kata Anwar Ibrahim usai bertakziah dan silaturrahmi ke keluarga mendiang Presiden RI ke-3 BJ Habibie di Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2019, seperti diberitakan Antara.

Diketahui Mahathir  atau yang biasa dikenal dengan Dr M, telah berjanji akan menyerahkan jabatannya ke Anwar Ibrahim.

Kendati demikian, Anwar belum bisa memastikan terkait tanggal dan detai pelaksanaan transisi kekuasaan itu akan berlangsung.

Anwar mengatakan, PM Mahathir akan mengalihkan jabatannya pada tahun 2020 atau setelah menjabat selama dua tahun.

Sejumlah media di Malaysia memberitakan bahwa Mahathir pada 3 Oktober 2019 menyebutkan belum berdiskusi mengenai peralihan kekuasaan itu.

Sementara, Anwar Ibrahim menegaskan perbincangan mengenai transisi kekuasaan telah dilakukan, tetapi tanggal pasti memang belum ditentukan oleh kedua pihak.

Sebelumnya, diketahui Mahathir  atau yang biasa dikenal dengan Dr M, telah berjanji akan menyerahkan jabatannya ke Anwar Ibrahim, khususnya setelah ketua Koalisi Pakatan Harapan itu terpilih kembali sebagai perdana menteri Malaysia pada Mei 2018.

Anwar merupakan politisi yang menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri pada 1993-1998, atau ketika periode pertama Mahathir Mohamad. Namun, karier politiknya hancur ketika Mahathir menudingnya telah melakukan sodomi dan korupsi.

Dia kemudian dikirim ke penjara atas tuduhan sodomi di 1998. Pada 2013, saat pemerintahan Najib Razak, kembali menerima hukuman lima tahun penjara atas tuduhan yang sama.

Sebelum pemilu, Mahathir menyambangi musuh lamanya tersebut. Anwar kemudian menyerukan pengikutnya untuk membukakan jalan bagi Mahathir. []

Berita terkait
Suspect Difteri Warga Malaysia, Meninggal di RS Medan
Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik membenarkan adanya pasien suspect difteri, warga negara Malaysia, yang meninggal.
Jokowi Disetir Mahathir Mohammad
Jokowi disetir Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohammad saat kunjungan kerja ke negeri jiran.
Sering Ditanya Soal Usia, Kiai Ma'ruf: Mahathir 92 Tahun, Saya 75 Tahun
Sering ditanya soal usia, Kiai Ma'ruf Amin mengatakan dirinya memang 75 tahun, dan Mahathir sudah 92 Tahun.
0
Pilkada 2020, Gerindra Jabar Tunggu Revisi UU Pilkada
Partai Gerindra Jawa Barat mengungkapkan sampai saat ini partainya belum mempersiapkan Pilkada 2020.