Anthony Ginting Gagal Sabet Medali Emas di Olimpiade Tokyo

Anthony Sinisuka Ginting gagal memperoleh medali emas pada ajang tunggal putra setelah ditaklukkan Chen Long pada laga semifinal.
Hasil akhir dan statistik permainan Anthony Sinisuka Ginting melawan Chen Long. (Foto: Tagar/Bariq Yonanda)

Jakarta – Anthony Sinisuka Ginting gagal memperoleh medali emas pada ajang tunggal putra badminton setelah ditaklukkan dengan skor 16-21, 11- 21 oleh perwakilan dari Cina Chen Long pada ronde semifinal olimpiade Tokyo 2020.

Pada awal permainan, Ginting langsung kehilangan dua poin usai pengembaliannya yang keluar lapangan dan terkena net. Setelah itu, Ginting langsung merespon dengan satu smash yang membuat pemain perwakilan Indonesia tersebut dapat menjaga jarak skor sementara menjadi 1-2.

Ginting telah memberikan penampilan yang apik pada gim pertama dengan gaya permainan net atau rendah dan juga beberapa kali melakukan smes. Namun, pukulannya tidak tepat sasaran sehingga Ginting gagal meraih poin.

Dengan minimnya tingkat akurasi serangan dari Ginting membuat Indonesia tertinggal jauh dari Cina dengan skor 7-14. Tak lama setelah itu, Chen Long mencetak tiga poin tambahan secara beruntun yang sekaligus menutup gim pertama dengan skor 16-21.

Chen Long tetap bermain dengan cara yang sebelumnya ia lakukan yaitu mengandalkan bertahan dan serangan balik yang cepat. Lawan dari Ginting itu lebih memilih untuk bermain pasif dan aman sedangkan Ginting lebih mengotot untuk menciptakan poin yang telah hilang pada gim pertama yang membuatnya menciptakan beberapa kesalahan.

Ginting sempat menyamakan kedudukan pada gim kedua menjadi 6-6 setelah beberapa kali smash nya menghasilkan empat poin beruntun untuk Ginting. Akan tetapi, pada saat skor imbang Ginting melakukan kesalahan secara beruntun sehingga membuat Chen Long unggul 10-6.

Tak lama setelah itu, Ginting mulai memainkan permainan yang lebih berhati-hati pasca beberapa kesalahan yang ia lakukan. Namun, hal itu menjadi bumerang bagi Ginting karena ia malah kehilangan poin dan membuat Atlet dari Cina tersebut lebih percaya diri. Hal ini pun membuahkan hasil untuk Chen Long yang membuatnya unggul menjadi 15-9 terhadap Ginting.

Melihat Ginting yang cendrung bermain pasif dan berhati-hati, Chen Long langsung bermain agresif dengan beberapa serangan dan smes menyilang yang membuatnya mengakhiri pertandingan kedua ini dengan skor 11-21. []

Baca Juga: Chen Long Hentikan Langkah Anthony Ginting Menuju Final


(Bariq Yonanda)

Berita terkait
Kunci Sukses Anthony Ginting Lolos Semifinal Olimpiade Tokyo
Ginting meraih kemenangan pebulutangkis Denmark, Anders Antonsen di babak perempatfinal. Dia menang dengan rubber game 21-18, 15-21, 21-18.
Melangkah ke Semifinal, Ginting Waspadai Sang Juara Bertahan
Chen Long, juara bertahan Olimpiade, masih mengerikan mulai dari fase grup N hingga perempatfinal. Ia sapu bersih dengan tanpa kekalahan.
Sempat Gugup, Ginting: Saya Ubah Taktik, Beri Serangan Terus
usai interval gim ketiga Ginting berinisiatif untuk bermain lebih menyerang. Hal itu membuat Antonsen terus berada di bawah tekanan.
0
Anthony Ginting Gagal Sabet Medali Emas di Olimpiade Tokyo
Anthony Sinisuka Ginting gagal memperoleh medali emas pada ajang tunggal putra setelah ditaklukkan Chen Long pada laga semifinal.