Anies Baswedan: Indonesia Mendukung Rakyat Palestina

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Indonesia mendukung rakyat Palestina yang kini sedang menghadapi serangan agresi militer Israel.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dukung rakyat Palestina. (Foto: Tagar/Brata)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons kondisi Palestina yang kembali menghadapi agresi militer Israel, dia mengatakan Indonesia selalu mendoakan dan mendukung rakyat Palestina.

Menurut Anies Palestina sedang mengalami cobaan berat. Namun, dia memastikan Indonesia terus memberikan dukungan kepada saudara-saudara di Palestina.

"Indonesia, insya Allah dalam suasana Syawal, kita sambil mendoakan memberikan support kepada saudara-saudara kita di Palestina yang saat ini mengalami cobaan yang tidak kecil," kata Anies dalam Silaturahmi dan Halal Bihalal Virtual DTN Persaudaraan Alumni 212, Sabtu, 22 Mei 2021.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengingatkan konstitusi mengamanatkan agar Indonesia menghadirkan ketertiban dunia. Dia berharap bangsa Indonesia mengingat kembali amanat tersebut.


Kemerdekaan Palestina jadi agenda utama bangsa Indonesia dia berdoa Indonesia konsisten dengan hal tersebut.


"Insya Allah perjuangan untuk menghadirkan kemerdekaan untuk bangsa Palestina selalu menjadi agenda utama dan selalu kita pertahankan," kata Anies.

Bentuk dukungan Anies Baswedan dengan cara menghiasi lampu Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), dengan nuansa bendera Palestina, merah, putih, hijau, dan hitam.

Tak hanya di JPO, di Terowongan Kendal, Simpang Semanggi, Bundaran HI dan Monas juga dibuat hiasan lampu yang sama untuk menunjukkan dukungan DKI Jakarta pada rakyat Palestina.

"Ini merupakan bentuk dukungan dari warga Jakarta, solidaritas kemanusiaan untuk saudara-saudara kita rakyat Palestina di jalur Gaza," ujar Anies di media sosial Instagram @aniesbaswedan, Sabtu, 22 Mei 2021

Sebelumnya, Israel melakukan agresi militer ke Jalur Gaza, Palestina, sejak 10 Mei 2021. Hingga Jumat, 21 Mei 2021, Aksi tersebut menewaskan 232 penduduk Gaza. Selain itu, ada 1.900 orang luka-luka.

Israel dan Palestina menyepakati gencatan senjata pada Jumat, 21 Mei 2021, tepat pada pukul 02.00 waktu setempat. Pasalnya gencatan senjata tanpa syarat merupakan rekomendasi dari Mesir.

Sejak awal Presiden Joko Widodo mengutuk aksi Israel di Gaza, dan menegaskan sikap mendukung Palestina.

"Bapak Presiden juga menyampaikan Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak PBB untuk mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan Israel. Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Rabu, 12 Mei 2021. []

Berita terkait
PDIP Tanggapi Survei yang Posisikan Anies Baswedan di Atas Angin
Anies Baswedan dalam survei Maret 2021 disebut paling disukai anak muda dalam pilpres 2024. PDIP partai terbesar di Indonesia kasih tanggapan.
Cerita Pertemuan Luhut Binsar Pandjaitan dan Anies Baswedan
Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan pertemuannya dengan Anies Baswedan, Gerindra menyambut gembira kemesraan Anies dan Luhut, sinergi yang baik.
Opini: Anies Baswedan, Konflik Israel - Palestina Bukan Isu Agama
Sebagai pejabat publik, Anies Baswedan seharusnya memberikan pesan perdamaian, bukan malah membawa isu Israel-Palestina menjadi konflik agama.
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19