Anggaran untuk Insentif Nakes Naik Jadi Rp 18 Triliun

Pengalokasian anggaran dengan total menjadi Rp214,95 Triliun, dibagi menjadi empat bagian.
Ilustrasi - {Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk memangkas beberapa anggaran dan dialokasikan pada sektor kesehatan. Pengalokasian anggaran dengan total menjadi Rp214,95 Triliun, dibagi menjadi empat bagian.

Dalam hal ini insentif tenaga kesehatan (nakes) mendapat penambahan anggaran senilai Rp 1,08 Triliun, dari Rp 17,3 Triliun, menjadi Rp 18,4 Triliun. Jumlah tersebut dibagi untuk 3 ribu dokter nonspesialis dan 20 ribu perawat.

Selain itu, penyediaan obat Covid-19 juga mendapat anggaran lebih sebesar Rp0,4 Triliun, dari Rp 0,77 Triliun menjadi Rp 1,17 Triliun. Jumlah tersebut untuk pengadaan 2 juta paket obat untuk masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.

Pembangunan rumah sakit darurat untuk penderita Covid-19 juga mendapatkan tambahan alokasi anggaran sebesar Rp 2,75 Triliun. Pembangunan dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede, Wisma Haji Surabaya, Wisma Haji Boyolali, asrama mahasiswa di Bandung, dan asrama/rusun di Yogyakarta yang sedang dalam proses.

Klaim perawatan pasien dalam hal ini mendapat alokasi anggaran yang terbesar berjumlah Rp25,87 Triliun. Dari Rp40 Triliun menjadi Rp65,9 Triliun. Jumlah tersebut termasuk untuk tagihan klaim 2020 dan memperhatikan perkiraan pasien hingga akhir tahun 2021.

Alokasi anggaran tersebut dimaksudkan agar penangan percepatan Covid-19 dapat terwujud. Mengingat mutasi virus varian delta yang saat ini mewabah menimbulkan grafik peningkatan kasus harian. []

Baca Juga: Melebihi Target, Nakes Pekalongan Tambah Seribu Dosis Vaksin

Berita terkait
Sarwendah Siapkan Nakes di Rumah Saat PPKM Darurat
Sarwendah dan suaminya Ruben Onsu menyiapkan tenaga kesehatan di rumah selama PPKM Darurat di rumah sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu.
Ketua Dewan dan Nakes Kabupaten Bogor: Taati PPKM Darurat
Ketua DPRD Bogor, Rudy Susmanto, mengimbau kepada warganya untuk menaati aturan PPKM Darurat agar sebaran Covid-19 bisa ditekan.
Panglima-Kapolri Sidak Vaksinasi di JIExpo Semangati Nakes
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyaksikan langsung antrian panjang ratusan warga masyarakat yang antusias akan melaksanakan vaksinasi.
0
Anggaran untuk Insentif Nakes Naik Jadi Rp 18 Triliun
Pengalokasian anggaran dengan total menjadi Rp214,95 Triliun, dibagi menjadi empat bagian.