UNTUK INDONESIA
Amien Rais Klaim Prabowo Menang di Jatim, Ini Kata BPN
Amien Rais klaim Prabowo menang di Jatim, uru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Ahmad Riza angkat suara.
Capres Prabowo Subianto dan Amien Rais (kanan) di atas pangggung saat kampanye terbuka di Stadion Kridosono Yogyakarta, Senin (8/4). (Foto: Tagar/Ridwan Anshori)

Jakarta - Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Ahmad Riza Patria, menanggapi klaim Ketua Dewan Pengarah BPN, Amien Rais, yang mengatakan paslon yang diusungnya menang di wilayah Jawa Timur dengan perolehan suara lebih dari 50 persen.

Riza Patria yang dihubungi Tagar News, untuk mengklarifikasi sumber data Amien Rais mengatakan, dirinya yakin dan percaya pernyataan politisi senior PAN itu dapat dipertanggungjawabkan.

Pasalnya menurut Riza Patria, berdasar data yang dimiliki BPN, perolehan suara diberbagai wilayah termasuk di Jawa Timur menunjukkan hasil yang baik.

"Saya sih tidak dengar langsung, tapi saya kira kalau pak Amien menyampaikan hal seperti itu, tentu pak Amien punya dasar yang kuat," kata dia saat dihubungi Tagar news, Sabtu 20 April 2019.

"Saya tidak tahu persis (sumber data), tapi yang pasti memang, berdasarkan laporan-laporan dari jajaran BPN di daerah, kami itu memang mendapatkan hasil yang bagus, seperti di Jawa Timur. Jadi kalau pak Amien menyampaikan hal seperti itu, saya kira pak Amien tentu mendapatkan informasi yang betul," tegasnya.

Meski begitu, Ketua DPP Partai Gerindra itu menegaskan bahwa pihaknya akan tetap menunggu hasil penghitungan manual yang dilakukan oleh pihak KPU.

"Tentu harapan kita semua sesuai dengan data di KPU nantinya. Karena kan kita semua menunggu hasil daripada penghitungan manual KPU. Banyak lembaga yang memberikan masukan dan informasi, kita hargai. Siapapun kita hargai. Namun demikian kita akan menunggu hasil resmi dari KPU," pungkas Riza Patria.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga merupakan Ketua Dewan Pengarah BPN Prabowo-Sandi, Amien Rais mengklaim Prabowo menang dengan perolehan suara lebih dari 50 persen di Jawa Timur. Hal itu terlihat dalam sebuah video diterima Tagar News, Sabtu 20 April 2019.

"Bukan quick count lagi tapi real count, tiga lembaga yang terakreditasi oleh bawaslu mengatakan 02 menang di Jawa Timur," Tegas Amien Rasi dalam video tersebut.

"Bukan Madura, bukan Banyuwangi bukan Situbondo, seluruh Jawa Timur kita menang 50 persen lebih. Jadi si Joko (Jokowi) ini cuma menang di Jawa Tengah, Bali, NTT, kemudian daerah kecil-kecil, Jogja juga menang lainnya alhamdulillah kalah semua," katanya lagi.

Sementara dalam hitung cepat atau quick count berbagai lembaga survei kredibel yang resmi terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejauh ini datanya menunjukkan Jokowi menang secara nasional dalam Pilpres 2019.

Sedangkan KPU sendiri, baru akan mengumumkan secara resmi terkait pemenang Pilpres 2019, pada Mei mendatang.

Baca juga:

Berita terkait
0
Pecat Dirut Garuda, Erick Tohir Dapat Pujian
Direktur Suropati Syndicate Muhammad Shujahri mengatakan langkah Menteri BUMN Erick Thohir sudah tepat saat memecat DirutGaruda Ari Askhara.