Amerika Dibantu Denmark Memata-matai Merkel dan Sekutu Eropa

Sejumlah media Denmark dan Uni Eropa laporkan AS memata-matai beberapa politisi tertinggi Eropa, termasuk Kanselir Jerman, Angela Merkel
Bendera AS dan Uni Eropa di Bandara Internasional Dulles, di Chantilly, Virginia, AS, 18 Mei 2012 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Sejumlah media Denmark dan Uni Eropa melaporkan, Minggu, 30 Mei 2021, Amerika Serikat (AS) memata-matai beberapa politisi tertinggi Eropa, termasuk Kanselir Jerman, Angela Merkel, dari 2012 hingga 2014 dengan bantuan badan intelijen Denmark.

Lembaga penyiaran publik Denmark, Danmarks Radio (DR), mengatakan Badan Keamanan Nasional (National Security Agency/NSA) AS menyadap kabel-kabel internet Denmark untuk memata-matai beberapa politisi tertinggi dan pejabat tinggi di Jerman, Swedia, Norwegia dan Prancis.

Laporan itu menyebut, NSA ketika itu memanfaatkan kolaborasi pengintaian dengan unit intelijen militer Denmark, FE, untuk melakukannya.

merkel virtualAngela Merkel saat berdiskusi dengan para orang tua murid dalam pertemuan virtual, 4 Februari 2021 (Foto: dw.com/id)

Kementerian Pertahanan Denmark belum menanggapi permintaan Kantor Berita AFP untuk berkomentar.

Menurut DR, Menteri Pertahanan Denmark, Trine Bramsen, yang menjabat sejak Juni 2019, mendapat pengarahan tentang spionase itu pada Agustus 2020.

Bramsen mengatakan kepada radio itu bahwa "penyadapan sistematis terhadap sekutu-sekutu dekat tidak dapat diterima."

Pengintaian oleh AS itu, apabila dikonfirmasi, terjadi semasa dan setelah skandal Snowden 2013, yang terjadi ketika mantan kontraktor intelijen Edward Snowden mengungkap bahwa pemerintah AS memata-matai warga negaranya sendiri dan sekutu-sekutunya (vm/ka)/AFP/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Putin: Snowden Bersalah Tapi Bukan Pengkhianat
Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan ia menganggap Edward Snowden bersalah dengan membocorkan rahasia intelijen Amerika Serikat tapi bukan pengkhianat.
Snowden Bocorkan Program Penyadapan Internet oleh Jepang
Jepang punya program penyadapan data internet secara massal yaitu program XKEYSCORE. Program ini diberikan oleh Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat.
0
Amerika Dibantu Denmark Memata-matai Merkel dan Sekutu Eropa
Sejumlah media Denmark dan Uni Eropa laporkan AS memata-matai beberapa politisi tertinggi Eropa, termasuk Kanselir Jerman, Angela Merkel