UNTUK INDONESIA
Album Soundtrack Film Frozen 2 Kuasai Billboard 200
Soundtrack film Frozen 2 kuasai puncak tangga album Billboard 200, dengan penjualan lebih dari 80.000 copy pada akhir pekan, 5 Desember 2019 lalu.
Adegan film Frozen 2. (Foto: Disney)

Jakarta - Soundtrack film Frozen 2 menguasai puncak tangga album Billboard 200. Album melesat jauh dari posisi ketiga dengan penjualan lebih dari 80.000 copy pada akhir pekan, 5 Desember 2019 kemarin.

Prestasi ini menjadikan album yang dirilis pada 15 November melalui Walt Disney Records tersebut sebagai soundtrack pertama dari sebuah film animasi yang mencapai No.1, sejak album pendamping film Frozen pertama, yang menghabiskan 13 minggu di posisi puncak pada tahun 2014 lalu.

Album Frozen 2 juga menjadi soundtrack film animasi kelima yang mencapai No. 1 di Billboard 200, yang merupakan chart mingguan yang diterbitkan secara teratur sejak tahun 1956. Frozen 2 menyusul album soundtrack sebelumnya, yakni Frozen (2013), Curious George (Johnson) Jack Johnson (2006), Pocahontas (1995) dan The Lion King (1994).

Pencapaian tersebut juga mendapuknya sebagai album pendamping film dengan durasi panjang pertama yang mencapai urutan nomor satu di sepanjang tahun ini.

Sebelumnya, album Jesus Is King milik Kanye West, duduk di posisi tangga lagu selama satu minggu pada tanggal 9 November lalu. Album tersebut merupakan soundtrack dari film pendek milik Kanye yang berjudul sama.

Album lain yang sempat duduk di nomor puncak tangga album Billboard 200 adalah A Star Is Born milik Lady Gaga dan Bradley Cooper yang sempat bertahan selama empat minggu di urutan pertama chart, pada 9 Maret 2019 lalu.

Frozen 2Adegan film Frozen 2. (Foto: Disney)

Album soundtrack Frozen 2 menampilkan penampilan lagu yang didengar dalam film dan dinyanyikan oleh aktor dan aktris pengisi suara dalam film, termasuk Idina Menzel, Kristen Bell, Josh Gad, Jonathan Groff dan Evan Rachel Wood, yang mencakup lagu- lagu dari Panic! at the Disco, Musgraves Kacey dan Weezer.

Pencapaian Film Frozen 2 sendiri juga tak kalah mencengangkan. Film ini berhasil meraih pendapatan US$ 350 juta atau sekitar Rp 4,9 triliun pada pembukaan pemutaran di seluruh dunia.

Raihan tersebut mengalahkan penghasilan film pertama Frozen pada 2013 lalu, yang hanya sanggup meraup US$ 93 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Baca juga: Spoiler Film Frozen 2 di Video Klip Into the Unknown

Pihak Disney bahkan memprediksi, sekuel petualangan Putri Elsa dan Anna ini bakal menjadi film ke-6 yang meraih pendapatan lebih dari US$ 1 miliar, menyusul film-film sebelumnya, seperti Avengers: Endgame, Toy Story 4 dan The Lion King yang sempat merajai box office tahun ini. []

Berita terkait
Trailer Wonder Woman 1984 Tayang di Comic Con Brasil
Rumah produksi Warner Bros merilis video trailer film Wonder Woman 1984 pada ajang Comic Con Experience di Brasil.
Potret Liu Yifei di Film Mulan, Cantik dan Heroik
Berikut Tagar tampilkan foto-foto adegan cantik sekaligus heroik aktris Liu Yifei, dalam film Mulan.
Deretan Bocoran Adegan Film Eggnoid
Berikut Tagar rangkumkan bocoran adegan dalam film Eggnoid.
0
Penganiaya Dua Anak di Labuhanbatu Berniat Membunuh
Korban penganiayaan menuturkan pengalamannya ketika dihajar oleh keluarga pengusaha minyak di Kabupaten Labuhanbatu.