UNTUK INDONESIA
Aksi Demonstrasi Papua, Bendera Bintang Kejora Berkibar
Insiden pengibaran bendera Bintang Kejora mewarnai aksi demonstrasi di Fakfak, Papua Barat pada Rabu, 21 Agustus 2019.
Aksi demonstrasi di Fakfak, Papua Barat diwarnai pengibaran bendera Bintang Kejora. (Foto: Twitter/@VeronicaKoman)

Jayapura - Insiden pengibaran bendera Bintang Kejora mewarnai aksi demonstrasi di Fakfak, Papua Barat pada Rabu, 21 Agustus 2019. Massa aksi juga melakukan pembakaran dan pengrusakan terhadap kios-kios yang ada di pasar Fakfak dan sejumlah fasilitas di jalan menuju pasar.

Salah satu warganet dengan akun @VeronicaKoman, mengunggah gambar aksi peserta demonstrasi yang tengah mengibarkan bendera Bintang Kejora melalui media sosial Twitter.

Anggota Brimob dijadwalkan dikirim ke Fakfak untuk membantu mengamankan wilayah tersebut.

"Aksi berlangsung di Papua untuk hari ketiga. Bintang Kejora berkibar," tulis dia dalam keterangan unggahan, Rabu, 21 Agustus 2019.

Sementara Kepala Bidang Humas Polda Papua AKBP Mathias Krey mengatakan, saat ini aparat gabungan kepolisian dan TNI sudah berada di lokasi demonstrasi untuk melakukan pengamanan.

"Anggota Brimob dijadwalkan dikirim ke Fakfak untuk membantu mengamankan wilayah tersebut," kata Mathias Krey, Rabu, 21 Agustus 2019, melansir Antara.

PembakaranAksi demonstrasi diwarnai pembakaran kios di Fakfak, Papua Barat. (Foto/ Antara/HO)

Sebelumnya, sejumlah aksi di Manokwari dan Sorong juga berujung pembakaran dan pengrusakan sejumlah fasilitas umum termasuk kantor DPRD Papua, pada Senin, 19 Agustus 2019.

Aksi demonstrasi merupakan bentuk protes terjadinya perlakuan dan tindakan bernada rasisme oleh sejumlah orang terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang.

Berita terkait
Jatim Jadi Tuan Rumah untuk Selesaikan Persoalan Papua
Kementerian Dalam Negeri memastikan Jatim menjadi tuan rumah pertemuan dan silaturahim membahas penyelesaian tentang persoalan Papua.
Tetua Adat Papua Temui Walkot Surabaya, Ada Apa?
Tetua adat Papua Lenis Kogoya bertemu dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya bahas persoalan Mahasiswa Papua.
Bonek Bentangkan Spanduk Surabaya-Papua Bersaudara
Suporter Persebaya Surabaya Bondo Nekat atau yang sering disebut Bonek membentangkan spanduk bertuliskan 'Surabaya-Papua bersaudara.
0
Pembuat Video Bugil di Sumenep Diamankan Polisi
Video dibuat pada bulan Oktober 2019 lalu, ternyata viral dan tersebar di medsos.