UNTUK INDONESIA
Airlangga Hartarto Jadi Ketum Golkar Hari Ini?
Ace Hasan Syadzily menyebut petahana Airlangga Hartarto berpeluang besar terpilih kembali menjadi Ketum Golkar pada hari ini.
Petahana Airlangga Hartarto (kedua dari kanan) dan Presiden Jokowi keluar ruangan Munas X Golkar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa 3 Desember 2019. (Foto: Tagar/Fernando P)

Jakarta - Kubu calon ketua umum petahana Airlangga Hartarto mengatakan perebutan kursi Golkar-1 melalui sistem aklamasi terjadi bila hanya menyisakan dukungan kepada satu kandidat. Dia menyebut Airlangga berpeluang besar terpilih kembali.

Maka saya kira Pak Airlangga yang harus ditetapkan sebagai ketua umum. Kemungkinan hari ini.

Hal itu diungkapkan loyalis Airlangga sekaligus politikus Golkar, Ace Hasan Syadzily menanggapi mundurnya Bambang Soesatyo dan 6 nama lain dalam pemilihan ketua umum partai berlambang beringin tersebut.

"Jika pandangan umum daerah dan organisasi pendiri Partai Golkar menyatakan dukungan kepada Pak Airlangga satu-satunya, itu menjadi dasar sidang paripurna selanjutnya untuk memberikan keputusan atas kecenderungan aklamasi," kata Ketua DPP Ace Hasan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu 4 Desember 2019.

Namun demikian, lanjut Ace, masih tersisa calon ketua umum Ridwan Hisjam yang siap menantang Airlangga dalam Munas X Partai Golkar. Ace menilai, bila Ridwan tak mendapat dukungan penuh maka kemungkinan besar Airlangga ditetapkan menjadi ketum.

"Kalau memang misalnya, tidak ada dukungan kepada Pak Ridwan Hisjam dan hanya kepada Pak Airlangga dukungan itu diberikan, maka saya kira Pak Airlangga yang harus ditetapkan sebagai ketua umum. Kemungkinan hari ini, walaupun penetapannya bisa dilakukan pada besok," ujar Ace.

Namun, bila Airlangga yang terpilih melalui sistem aklamasi pada hari ini penetapan posisinya menjadi ketum tidak dapat dipercepat lantaran sesuai dengan jadwal munas.

Sementara ini diketahui sejumlah pimpinan DPD Golkar telah menyampaikan pandangan umum dan menaruh dukungannya kepada Airlangga. Adapun sebanyak 11 DPD tingkat I dan tingkat II telah menyebut memberi dukungan kepada Airlangga.

Berita terkait
Akbar Tanjung Dukung Pemilihan Ketum Golkar Aklamasi
Eks Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tanjung mendukung pemilihan partai berlambang beringin dilakukan dengan cara musyawarah mufakat atau aklamasi.
Bambang Soesatyo Mundur, Munas Golkar Aklamasi?
Sejumlah calon Ketum Partai Golkar dikabarkan mundur. Bila terjadi, panitia Munas X menyebutkan kemungkinan besar akan dilakukan aklamasi.
Mundur Pencalonan, Bamsoet 'Dihadiahi' Ketua Harian?
Mundurnya Bambang Soesatyo alias Bamsoet disebut bakal dihadiahi posisi ketua harian Partai Golkar setelah mundur dari bursa pencalonan ketum.
0
Valentina Tereshkova Perempuan Pertama di Angkasa
Valentina Tereshkova berkesempatan terbang keluar angkasa di usia 26 tahun ini titik awal baginya disebut sebagai perempuan pertama di angkasa luar