UNTUK INDONESIA
Ahok Ungkap Kecurangan di Tubuh Pertamina
Komut PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, membeberkan sejumlah fakta mengenai kecurangan dalam tubuh Pertamina.
Basuki Tjahaja Purnama hadir dalam acara peluncuran buku berjudul "Panggil Saya BTP" dalam acara Ngobrol Tempo pada Senin, 17 Februari 2020. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Jakarta - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, membeberkan sejumlah fakta mengenai kinerja manajemen dan kecurangan yang ada dalam tubuh Pertamina.

Ahok menyebut, ada direksi yang kerap melakukan lobi kepada menteri tertentu demi memuluskan jalan memajukan orang titipannya di jajaran pimpinan BUMN tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Ahok dalam sebuah video yang diunggah di saluran YouTube POIN. mantan Gubernur DKI Jakarta itu bahkan menuding jika rata-rata komisaris di jajaran pimpinan Pertamina merupakan titipan kementerian tertentu.

"Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian," kata Ahok dalam video tersebut, dikutip Tagar pada Selasa, 15 September 2020.

Saya potong jalur birokrasi

Ahok menuturkan, ia kemudian berusaha mengatasi budaya pola manipulasi jabatan di Pertamina tersebut, salah satunya dengan cara melakukan lelang jabatan secara terbuka.

"Saya potong jalur birokrasi, Pertamina itu dulu naik pangkat mesti pakai kayak pangkat, Pertamina refference level orang mesti kerja sampai SVP bisa 20 tahun ke atas saya potong semua mesti lelang terbuka," kata dia.

Dalam video yang sama, Ahok juga mengeluhkan permasalahan lain yang ia hadapi selama memimpin Pertamina, yakni perkara manipulasi gaji. Ia menuturkan, ada pejabat yang masih menikmati gaji besar meski telah dicopot dari jabatannya.

"Orang dicopot dari jabatan direktur utama anak perusahaan, misal gaji Rp 100 juta lebih masa dicopot gaji masih sama, alasannya dia sudah orang lama harusnya gaji mengikuti jabatan Anda," kata Ahok.

Hingga berita ini diturunkan, jurnalis Tagar telah menghubungi Basuki Tjahaja Purnama untuk mengonfirmasi lebih lanjut mengenai maksud ucapannya tersebut. Namun, melalui pesan singkat, Ahok menolak untuk mengomentari pernyataannya itu.

"Mohon maaf, No Comment," kata Ahok. []

Berita terkait
Promo Pertamina, Turunkan Harga Pertalite di Tangsel
Pertamina memberikan promo harga pertalite di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Konon setara dengan Premium.
Promo Pertamina Tangsel BBM Pertalite Setara Premium
Pertamina memberi diskon harga Pertalite dari harga Rp 7.650 per liter, kini menjadi Rp 6.450 per liter, setara dengan harga Premium.
Denny Siregar: Pertamina Rugi Rp 11 Triliun, Salah Ahok?
Dan saya mau ketawa, banyak yang menyalahkan Ahok karena Pertamina rugi Rp 11 triliun di masa pandemi ini. Lah urusannya Ahok apa? Denny Siregar.
0
10 Terduga Perusuh Demo Omnibus Law Banyuwangi Dibebaskan
LPBH NU Banyuwangi yang melakukan advokasi dan pendampingan membenarkan 10 orang terduga perusuh demo omnibus law di depan DPRD.