UNTUK INDONESIA
Adik Gus Dur, Gus Solah Meninggal di Usia 77 Tahun
Adik kandung Presiden ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Gus Solah meninggal dunia di usia 77 tahun.
Salahuddin Wahid atau Gus Solah (kanan) ketika di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur pada 29 Desember 2018. (Foto: dok Tagar)

Jakarta - Adik kandung Presiden ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Salahuddin Wahid meninggal dunia. Pria yang akrab disapa Gus Solah itu wafat di usia 77 tahun.

Hal itu diketahui lewat akun Instagram Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Arjawinangun, Cirebon, Minggu, 2 Februari 2020.

Harapan kita, Mohon segala khilafnya dimaafkan.

"Inna lillahi wa Inna ilaihi raji'un.. telah berpulang ke Rahmatullah Gus Solah," tulis akun Instagram, @pac_gpansorawn.

Gus Solah meninggal pukul 20.55 WIB, Minggu 2 Februari 2020, di Rumah Sakit (RS) Jantung Harapan Kita, Jakarta. Akun tersebut juga memohon doa agar segala ucapan maupun tindakan Gus Solah yang tidak berkenan di hati dimaafkan.

"Harapan kita, Mohon segala khilafnya dimaafkan. Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'afihi wa'fu anhu. Semoga alm. husnul khotimah," demikian tulis akun @pac_gpansorawn.

Kabar duka ini juga diutarakan putra Gus Solah, Irfan As'ari Sudirman Wahid atau Ipang Wahid lewat akun Twitternya, @ipangwahid.

"Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20.55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu," tulis Ipang Wahid.

Dalam kicauannya di Twitter, Ipang sempat memberitahukan kondisi ayahnya kritis dan dalam penanganan di RS Jantung Harapan Kita pada Minggu sore, 2 Februari 2020.

Pada tahun 2018, Gus Solah sempat mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Jombang, Jawa Timur. Kala itu, eks Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Kerusuhan Mei 1998 ini menderita sakit lambung.

Tak kunjung membaik, Gus Solah dirujuk ke Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM). Kemudian mendapat perawatan di RS Harapan Kita Jakarta pada 2020. []

Berita terkait
Kondisi Kesehatan Gus Solah Dikabarkan Kritis
Kondisi kesehatan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid (Gus Solah) dikabarkan tengah mengalami kritis.
‎Imlek dan Lukisan Gus Dur di Kelenteng Hok le Kiong
Kelenteng Hok le Kiong berada di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah sudah mempercantik bangunan dengan berbagai ornamen, salah satunya lukisan Gus Dur.
Persaudaraan Antarmanusia Toleransi Ala Gus Dur
Presiden Ke-4 Republik Indonesia, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), menitipkan bahwa persaudaraan antarmanusia adalah arah toleransi sebenarnya
0
Cara dan Tempat Resmi Sertifikasi SNI untuk Masker Kain
Bagaimana cara dan di mana tempat resmi jika pelaku industri ingin melakukan sertifikasi SNI pada produk masker kainnya?