UNTUK INDONESIA
Xpeng P7, Mobil Listrik Punya Daya Jelajah Terjauh
Xpeng P7, sebuah sedan sport garapan Xpeng Motors menjadi mobil listrik yang memiliki daya jelajah terjauh untuk saat ini.
Xpeng P7 menjadi mobil listrik yang daya jangkau terjauh untuk saat ini. (Foto: Xpeng Motors)

Jakarta - Xpeng P7, sebuah sedan sport garapan Xpeng Motors menjadi mobil listrik yang memiliki daya jelajah terjauh untuk saat ini. Dalam sekali pengisian baterai, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 706 kilometer (km), di mana mobil listrik pada umumnya hanya mampu menempuh jarak 600 km.

Mobil garapan perusahaan rintisan China ini pertama kali diperkenalkan dalam pameran Otomotif Internasional Guangzhou pada November 2019. Xpeng P7 akan dipasarkan dengan banderol 270.000-370.000 yuan atau setara dengan Rp 560-768 juta, tergantung pada konfigurasi fiturnya.

Dilansir dari laman resmi Xpeng Motors, Selasa, 10 Maret 2020, Xpeng P7 sudah dipesan oleh 15.431 konsumen sejak diluncurkan. Jika tidak ada hambatan, sedan sport ini akan mulai dikirimkan kepada konsumen pada kuartal kedua 2020.

Sedan Sport Xpeng P7 dilengkapi Arsitektur Smart Electric Platform dengan NVIDIA DRIVE Xavier, sebuah chip kendaraan otonom paling canggih milik NVIDIA. Kemudian dari segi prosesor kendaraan menggunakan produk dari Qualcomm.

Tidak hanya itu, Xpeng P7 ini sudah disematkan sistem bantuan pengemudi XPILOT 3.0, yang dapat ditingkatkan ke XPILOT 4.0. Mobil ini juga sudah didukung 12 sensor ultrasonik, 13 kamera penggerak otonom, 5 radar Bosch generasi ke-5 dan 1 kamera dalam mobil yang diposisikan presisi tinggi dan menghasilkan peta beresolusi HD.

Masuk ke dalam kabin, Xpeng P7 memiliki kokpit pintar yang dilengkapi dengan panel instrumen lebar nan ringan, audiovisual ambien kualitas tinggi, lapisan detail yang mewah, serta sistem suara kualitas gedung konser.

Audiovisual P7 berisikan 47 perangkat penginderaan dan 50 perangkat interaksi manusia dengan mobil, serta sudah didukung lebih dari 30 teraflop daya komputasi. Sementara sistem suaranya dilengkapi dengan Dynaudio Confidence tingkat atas 18-speaker dengan pencahayaan ambient untuk menciptakan suasana immersive gedung konser.

Dalam hal pengembangan rangka, Xpeng Motors menggandeng Porsche Engineering. Rangka tersebut disetel oleh tim profesional gabungan dari Cina dan Jerman.

Dari sektor keselamatan, sedan sport ini telah meraih peringkat keselamatan bintang 5 dari NCAP China, dengan fitur kontrol peredam kontinu (CDC) dan sistem pengereman Brembo.

Xpeng P7 merupakan mobil listrik produksi pertama yang membawa Program Mini Alibaba di mobilnya. Selain itu juga dilengkapi dengan kunci virtual Bluetooth atau biasa disebut kunci digital NFC. Kunci tersebut akan tertanam dalam perangkat elektronik seperti ponsel, jam tangan pintar dan gelang keluaran Xiaomi.

Produk elektronik dari Xiaomi dipilih karena Xpeng baru-baru ini memperkenalkan Xiaomi Corporation sebagai investor strategis barunya. Kemudian Xpeng juga berhasil mengumpulkan 400 juta dolar AS dalam penggalangan dana Seri C.

Unit Xpeng P7 akan didistribusikan melalui jaringan ritel Xpeng yang berjumlah 100 toko. Terkait infrastruktur pengisian daya baterai, Xpeng sudah menyiapkan lebih dari 200 stasiun pengisian daya yang tersebar di 30 kota, dan rencananya akan terus ditingkatkan hingga 1.000 stasiun pengisian dalam tiga tahun kedepan. []

Berita terkait
Volkswagen Sudah Produksi Mobil Listrik Sejak 1970
Produsen otomotif Volkswagen (VW) sudah memperkenalkan teknologi kendaraan listrik sejak 50 tahun lalu, tepatnya pada 1970.
Mobil Nissan Leaf Bisa Pasok Listrik Rumah
Nissan Leaf menunjukkan kemampuannya sebagai mobil listrik, yaitu sebagai pemasok daya listrik rumah tangga.
BMW Hadirkan Mobil Listrik Mini-E Setelah 2021
BMW AG melalui sub-brand-nya, Mini, akan menghadirkan mobil listriknya, yakni Mini-E setelah 2021 di Indonesia.
0
Kapal Penyeberangan dari NTB ke Bali Ditutup
Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di NTB. Pemprov NTB menutup pelabuhan dari NTB ke Bali.