UNTUK INDONESIA
Wajib Tonton, Rekomendasi Film Lima untuk Seluruh Anggota Keluarga
Melihat film 'Lima' tak ubahnya seperti melihat diri sendiri.
Film Lima: tiga saudara kandung, Fara, Aryo, dan Adi dalam suasana berkabung di pusara Maryam, ibunya. (Foto: Instagram/Lola Amaria)

Jakarta, (Tagar 22/4/2018) - Film 'Lima' terinspirasi nilai-nilai Pancasila, mengetengahkan masalah hidup keseharian, layak ditonton bersama semua anggota keluarga.

Lima karakter kuat dalam film ‘Lima’ adalah Maryam (Tri Yudiman), Adi (Baskara Mahendra), Fara (Prisia Nasution), Aryo (Yoga Pratama), dan Ijah (Dewi Pakis).

Dalam cerita pertama bertema ketuhanan dikisahkan karakter Maryam seorang muslimah, meninggal dunia, prosesi pemakamannya memicu perdebatan karena ketiga anaknya yaitu Adi, Fara, dan Aryo menganut agama berbeda.

Pada cerita kedua tentang kemanusiaan, karakter Adi harus menghadapi suatu peristwa yang mengusik rasa kemanusiaannya. Ia berusaha membantu semampunya, risikonya ia dirisak kawan sekolahnya.

Dalam cerita persatuan dikisahkan karakter Fara adalah seorang pelatih renang, dan saat harus menentukan atlet mana yang akan dikirim ke Pelatnas, ia mencoba adil dalam melakukan penilaian dengan cara tidak memasukkan unsur ras dalam memilih, namun ia harus berhadapan dengan pemilik klub yang berperilaku sebaliknya.

Karakter Film LimaLima karakter dalam film ‘Lima’, Tri Yudiman sebagai Maryam, Baskara Mahendra sebagai Adi, Prisia Nasution sebagai Fara, Yoga Pratama sebagai Aryo, dan Dewi Pakis sebagai Ijah. 

Dalam cerita musyawarah mufakat, karakter Aryo menghadapi konflik warisan yang memicu perdebatan di antara sesama saudara kandung.

Pada cerita bertema keadilan, karakter Ijah, asisten rumah tangga dalam keluarga Maryam dihadapkan permasalahan keluarganya sendiri. Ia harus pulang kampung untuk menuntut keadilan yang tak pernah mampir untuk orang kecil sepertinya.

Yoga Pratama peraih Piala Citra kategori pemeran pendukung pria terbaik dalam film ‘3 Doa 3 Cinta’ mengungkapkan memerankan karakter Aryo dalam film ‘Lima’ ia rasakan sebagai sesuatu yang sederhana dibanding karakter-karakter lain ya ia pernah perankan.

Karakter Aryo yang ia perankan digambarkan sebagai pria baik dan dewasa, anak tertua Maryam.

"Saya harus mampu menyelesaikan persoalan warisan dalam keluarga," kata Yoga.

Sementara itu bagaimana Prisia Nasution peraih Piala Citra kategori pemeran utama wanita terbaik dalam film ‘Sang Penari’ memerankan karakter Fara dalam film 'Lima' tentu menarik untuk ditunggu.

Film ‘Lima’ melibatkan lima sutradara dalam penggarapannya, dijadwalkan rilis bioskop bertepatan hari lahir Pancasila, 1 Juni 2018. (af)

Berita terkait
0
Bagasi Motor Pelaku Bom Medan Berisi Peluru Kaliber
Brimob Polda Sumatera Utara mengamankan sepeda motor pelaku bom bunuh diri di Medan, ditemukan selongsong peluru kaliber 22.