Video: Uki Eks Noah Sebut Musik Haram, Musisi Pintu Maksiat
Editor

Halo Tagarians, Mohammad Kautsar Hikmat atau populer dengan nama Uki adalah mantan gitaris kelompok musik Noah. Uki keluar dari Noah sejak 8 Agustus 2019. Ia kemudian terkenal dengan sebutan Uki eks Noah. 

Uki eks Noah dalam sebuah video mengatakan musik haram, musisi jangan jadi pintu maksiat. Uki menilai langkahnya menjadi musisi salah. Video itu beredar luas dan menjadi perdebatan di media sosial. Video berasal dari kanal YouTube Belajar Sunnah.

Uki awalnya bicara penyesalannya dalam hidup. Ia mengaku tidak bangga mempunyai banyak penggemar saat masih menjadi anak band. Dari situlah Uki ikut menganggap musik itu haram dan profesinya dulu menjadi pintu maksiat.

"Jadi semoga kalian menuntut ilmu bisa kalian manfaatkan di dunia dan di akhirat karena bagi saya, saya tidak bisa membanggakan, ya Allah saya dulu ini menciptakan banyak fans, terus banyak lagu, di hadapan Allah pada akhirnya itu tidak akan bisa meningkatkan derajat saya," kata Uki.

Dia menganggap musik haram juga bukan tanpa alasan. Uki menjelaskan alasannya berpendapat seperti itu.

"Terus kalau saya bilang dengan uang ini saya bisa sedekah banyak, tapi kita melakukan yang haram, enggak bisa. Jadi untuk dari segi musiknya. Karena ketika musik itu kalian enggak lakukan otomatis kalian tuh menutup pintu khamar, pintu rokok juga, terus bercampur dengan wanita. Jadi dengan menutupnya pintu musik dan industri musik, kalian itu menutup banyak hal yang sifatnya mudarat," ujarnya.

"Mungkin kalian enggak menyadari, oh mungkin hanya ngedengerin musik saja, kalau sejuta orang berpikir seperti itu, otomatis mansor akan masuk, orang penjual khamar juga akan masuk. Dan memang yang menjadi tampilan pertamanya di kafe, oke kita sering main di kafe di Medan yang ditampilkan di depan billboard itu musisinya bukan hayuk malam ini kita minum khamar bareng-bareng dengan para-para wanita yang bisa datang ke tempat itu gratis. Tapi musisi yang akan dikedepankan menjadi pintu pembuka maksiat itu sendiri," kata Uki.

Uki berpesan kepada teman-teman musisi jangan sampai profesinya itu menjadi pintu maksiat. "Jadi saya mengingatkan diri saya sendiri, buat para musisi juga, jangan mau jadi pintu maksiat untuk orang lain memasuki maksiat itu sendiri. Tutup erat seeratnya. Jangan mau kita jadi pintu maksiat."

Benarkah musik haram, ikuti diskusi Pemimpin Redaksi Tagar.id Siti Afifiyah dengan Kiai Nahdlatul Ulama Taufik Damas.