Video: Sejarah Hari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Diperingati Setiap 23 Juli
Editor

Tagarians, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sangat erat kaitannya dengan Mayor Jenderal Ali Moertopo, yang bertugas menjalin persatuan dan kesatuan semua golongan, demi stabilitas Pemerintahan Soeharto saat itu.

Ali Moertopo yang juga pentolan organ intel legendaris bernama Operasi Khusus (Opsus), tidak ragu mendekatkan diri kepada pemuda-pemuda terpilih. 

Para pemuda yang dekat dengan Ali, antara lain berasal dari Himpunan Mahasiswa Islam, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia.

Mereka sering melakukan diskusi di Cipayung, Bogor, sehingga kelompok itu pun disebut Kelompok Cipayung. 

Pada 1973, Midian Sirait yang merupakan mantan pejabat Institut Teknologi Bandung, sekaligus anggota DPR Gotong Royong mengusulkan pembentukan induk dari semua organisasi pemuda.

Dari situlah kemudian lahir KNPI, yang merupakan gabungan dari kelompok Cipayung, binaan kader Golkar dan tentara, melalui deklarasi yang dipimpin oleh David Napitupulu, pada tanggal 23 Juli 1973. 

Organisasi ini lahir melalui Deklarasi Pemuda Indonesia pada hari yang sama, dengan tujuan menumbuhkan, meningkatkan dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat, berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. 

Simak selengkapnya di Tagar TV.