Pemerintah Kota Makassar
Video: Profil Hersubeno Arief yang Dilaporkan karena Pernyataan ‘Megawati Koma’
Editor

Tagarians, Konsultan Media dan Politik Hersubeno Arief dilaporkan ke polisi oleh Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta. Laporan itu terkait pernyataan Hersubeno Arief soal ‘Megawati koma’, dalam tayangan video berjudul 'KETUM PDIP MEGAWATI DIKABARKAN KOMA DAN DIRAWAT DI RSPP'. Video itu diunggah di akun youtube 'Hersubeno Point' pada 9 September 2021.

Dalam video berdurasi 12 menit itu, awalnya Hersubeno membacakan kembali rumor soal kondisi kesehatan Megawati, yang menurutnya mengalahkan berita kebakaran Lapas Kelas I Tangerang. Namun ia menegaskan bahwa belum ada kepastian tentang rumor itu, dan juga tidak ada pernyataan resmi dari fungsionaris PDIP saat itu, sehingga membuat rumor makin kencang.

Kemudian, Hersubeno juga mengaku menerima WhatsApp dari temannya seorang dokter, yang mengabarinya soal kondisi Megawati. Bunyinya begini: Megawati koma. Di ICU RSPP. Valid 1.000 persen.

Hersubeno pun dilaporkan ke polisi terkait Undang-Undang ITE pada 15 September 2021. Wakil Ketua DPD PDIP Jakarta, Ronny Talapessy mengatakan, laporan itu mengacu pernyataan Hersubeno yang menyebutkan dapat informasi 1.000% valid soal kabar 'Megawati koma'. Menurut Ronny, pernyataan Hersubeno Arief itu dinilai cenderung fitnah dan berbahaya, karena terlapor membawa nama dokter saat menyampaikan pernyataan tersebut. Simak selengkapnya di Tagar TV.