Pemerintah Kota Makassar
Video: Profil Adi Utarini, Wanita Indonesia Paling Berpengaruh 2021
Editor

Tagarians, Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D, kembali masuk daftar orang yang berpengaruh di dunia. Pada tahun 2020, namanya masuk daftar 10 ilmuwan berpengaruh di dunia, menurut jurnal ilmiah Nature. Kemudian, tahun 2021 ini, Adi Utarini yang merupakan peneliti utama World Mosquito Program Yogyakarta, masuk daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

Ulasan tentang Adi Utarini di Majalah Time ditulis langsung oleh Melinda Gates, salah satu wanita terkaya di dunia, yang juga aktif dalam kegiatan filantropi. Adi Utarini berhasil memberikan terobosan hebat dalam dunia sains dan kesehatan, lewat penelitiannya bersama World Mosquito Program.

Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D adalah seorang dokter yang juga berprofesi sebagai dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Ia lahir di Yogyakarta, pada 4 Juni 1965. Adi Utarini menempuh pendidikan dokter di Universitas Gadjah Mada, dan meraih gelar dokternya pada tahun 1989.

Kemudian melanjutkan program Master of Science in Mother and Child Health, Institute of Child Health di University of London, UK, pada tahun 1994. Adi Utarini tercatat pernah menjadi Anggota Tim Rekruitmen Direktur dan Ketua Komite Informasi Kesehatan Badan Mutu Pelayanan Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2011. Simak selengkapnya di Tagar TV.