Video: Moeldoko dalam Balutan Baju Seragam Partai Demokrat Saat Idul Adha
Editor

Halo Tagarians, Pengurus Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa Deli Serdang menyebarkan poster ucapan Idul Adha 2021 dengan gambar Jenderal TNI Purn. Dr. H. Moeldoko, S.Ip., M.Si Ketua Umum DPP Partai Demokrat dan DRH. Jhoni Allen Marbun, MM Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat. Keduanya memakai baju seragam Partai Demokrat. Pada bagian atas poster terdapat logo Partai Demokrat.

Dalam poster tertulis 'Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H - 2021 M, Mohon Maaf Lahir dan Batin'.

Kepala Badan Komunikasi Strategis/ Koordinator Juru Bicara Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan poster itu hoaks.

"Kalau ada yang mendapat kiriman poster itu, bisa kami sampaikan itu hoaks. Bukan DPP Partai Demokrat yang legal. Boleh dibantu dikirimkan ke Cyber Crime Mabes Polri sekalian? Terima kasih," Kata Herzaky, Selasa, 20 Juli 2021.

Herzaky menjelaskan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat melarang kelompok KLB ilegal menggunakan baju seragam partai, segala atribut partai. Pihaknya juga sudah melakukan gugatan hukum terkait penggunaan atribut partai oleh kelompok Moeldoko.

Politikus Partai Demokrat Rachland Nashidik mengunggah poster Moeldoko Idul Adha tersebut di akun Twitternya, Selasa, dan mengomentarinya dengan bahasa sindiran.

"Kita maafkan hari ini. Besok kita tertawakan lagi," cuit Rachland.

Rachland menilai Moeldoko tidak memiliki etika dan tebal muka. Menurut dia, Moeldoko menjadi penyebab pemerintahan Joko Widodo tak lagi dihormati rakyat.

"Selamanya kita tak akan lupakan, Kepala Staf Presiden @jokowi ini tuna etika dan tebal sekali kulit mukanya," ucap Rachland.

"Ia bagian dari penyebab, kenapa Istana di masa Presiden Jokowi tak dipandang dengan segan, apalagi hormat,". pic.twitter.com/EXff7J9M3D katanya pula.

— Rachland Nashidik (@RachlanNashidik) July 19, 2021

Sebelumnya, Pengurus Partai Demokrat dengan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono keberatan atribut partainya dipakai kelompok Kongres Luar Biasa Demokrat Deli Serdang dengan Ketua Umum Moeldoko. Kubu AHY menyebut para kader yang membelot itu sebagai gerombolan KLB ilegal.

Mehbob, Kuasa Hukum Demokrat kubu AHY, dalam keterangan tertulis diterima Tagar, Sabtu, 10 Juli 2021, mengatakan pihak KLB ilegal memutarbalikkan hukum.

"Partai Demokrat menjunjung itikad baik dalam proses gugatan hukum terhadap gerombolan KLB ilegal, yang secara semena-mena menggunakan atribut Partai, mengaku-aku sebagai pengurus, dan menyelenggarakan kegiatan atas nama Partai, tanpa legal standing," ujar Mehbob dalam sidang gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) terhadap 12 penyelenggara KLB ilegal.

Pengurus Partai Demokrat dengan Ketua Umum Moeldoko sudah ditolak pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Namun, kelompok Moeldoko menggugat penolakan Kemenkumham tersebut ke Pengadilan Tata Usaha Negara.

Untuk membahas baju seragam dan segala atribut Partai Demokrat yang dipakai Moeldoko, Host Tagar TV Cory Olivia mewawancarai Kepala Badan Komunikasi Strategis/ Koordinator Juru Bicara Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra.