Video: Kader PDIP se-Indonesia Ingin Puan Maharani Jadi Presiden RI
Editor

Halo Tagarians, banyak kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di berbagai daerah di Indonesia sudah menyatakan dukungan untuk Puan Maharani yang kini menjabat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat kelak 2024 menjadi presiden.

Terbaru, dukungan untuk putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu datang dari kader PDIP di Sulawesi Utara.

Hari Senin, 28 Juni 2021, Puan Maharani melakukan kunjungan kerja ke Manado, Sulawesi Utara.

Namun, saat kunjungan tersebut, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulawesi Utara menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) dihadiri seluruh pimpinan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P dari 15 kabupaten/kota, serta kepala/wakil kepala daerah dan ketua/wakil ketua DPRD dari PDIP. Rakerda ini berlangsung di Hotel Luwansa, Manado.

Pada Rakerda tersebut, selain membahas penanganan C-19 dan bencana alam, juga dibahas program-program kerja untuk pemenangan pemilihan presiden, serta pemilihan kepala daerah pada tahun 2024. Satu di antara yang terpenting adalah rekomendasi kader banteng Sulawesi Utara mendukung Ketua DPR RI Puan Maharani untuk diusung sebagai pemimpin negeri ini pada Pilpres 2024.

"Melihat suasana hasil Rakercab, semua menginginkan pemimpin ke depan adalah dari kader PDIP. Dan hanya satu suara, yaitu nama Puan Maharani," kata Ketua DPD PDIP Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

"Waktu Mbak Puan datang bertemu dengan kepala-kepala daerah dan ketua-ketua DPRD, mereka meminta kesediaan Mbak Puan untuk maju sebagai calon pemimpin di 2024 nanti," kata Olly pula.

Sebelumnya, DPD PDI Perjuangan Jawa Timur juga mengusulkan Puan Maharani sebagai calon presiden. Keputusan mengusulkan Puan itu merupakan salah satu poin rekomendasi hasil rapat kerja daerah (Rakerda) PDIP Jatim, di Blitar, yang berakhir pada Senin, 21 Juni 2021.

"Salah satu poin rekomendasi, DPC dan DPD PDIP Jatim bulat mengusulkan nama Ibu Puan Maharani," kata Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno.

Rakerda itu, kata Untari, dihadiri pengurus DPD PDIP Jatim, dan lima perwakilan yang menjadi juru bicara DPC PDIP di lima wilayah karakter budaya di Jatim. Seperti wilayah Arek, Madura, Mataraman, Tapal Kuda, hingga Pantura.

Untari mengatakan, berdasarkan laporan dan usulan yang disampaikan pengurus cabang yang diwakili lima daerah karakter itu, Puan dianggap mumpuni karena merupakan kader PDIP yang telah memiliki segudang pengalaman.

"Yang pertama Ibu Puan adalah pengurus DPP PDIP tiga periode, beliau pernah jadi menteri koordinator, sekarang jadi ketua DPR RI. Untuk itu, Bu Puan memiliki kesempatan yang panjang, yang baik untuk kami. Kami semua di Jatim mendukung beliau," katanya.

Untuk membahas hal tersebut lebih lanjut, Pemimpin Redaksi Tagar.id Siti Afifiyah mewawancarai Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas.