UNTUK INDONESIA

Jakarta - Denny Siregar heran, pembobol data pribadinya di Telkomsel hanya seorang karyawan outsourcing di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia itu. Pelaku pembobolan tersebut bernama Febriansyah Puji Handoko, 27 tahun yang merupakan karyawan outsourcing di Grapari Telkomsel di Rungkut, Surabaya.
Mengapa perusahaan yang sudah memperoleh sertifikasi ISO 27001 untuk keamanan informasi ternyata tidak mampu melindungi data dari pelanggannya. Apa yang sebenarnya terjadi di internal Telkomsel?

Kali ini Yossy Girsang dari Tagar berdiskusi dengan Dr. Trubus Rahadiansyah, Pengurus dari Asosiasi Kebijakan Publik Indonesia mengenai fenomena bobolnya data pribadi Denny Siregar ke publik. Trubus berpendapat, bisa jadi ada aktor dibalik penyebaran data ini mengingat Denny Siregar termasuk publik figur yang memiliki banyak follower dan sering bersuara di media sosial dan dunia internet.

Dengan kejadian ini, menjadi pertanyaan besar bagaimana dengan data pelanggan lainnya, artinya semua data pelanggan Telkomsel diperkirakan sangat rentan untuk digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab karena keamanannya tidak terjamin.