UNTUK INDONESIA
Joe Biden Vs Donald Trump, Dampak Kemenangan terhadap Ekonomi Indonesia
Editor

Jakarta - Tagarians, video kali ini membahas tentang pertarungan Joe Biden dan Donald Trump di pilpres Amerika. Seperti diketahui, saat ini dunia sedang menantikan siapa sosok Presiden Amerika Serikat yang baru, apakah Joe Biden dari Partai Demokrat, atau Petahana Donald Trump dari Partai Republik. Siapa pun pemenangnya, itu akan menentukan kebijakan Amerika yang akan berdampak pada ekonomi dunia, termasuk Indonesia.

Kalau Biden yang menang, maka akan terjadi perpindahan aliran modal dari Amerika ke negara berkembang, dan kemungkinan Indonesia akan kecipratan cukup banyak. Sedangkan kalau Trump yang menang, kemungkinan perpindahan aliran modal tidak terjadi, karena menetap di Amerika. Seperti kita tahu, jiwa nasionalisme Trump sangatlah kuat.

Untuk membahasnya lebih lanjut, Cory Olivia dari Tagar TV melakukan wawancara zoom pada hari Kamis, 5 November 2020 bersama dengan Enny Sri Hartati, ekonom senior dari Institute For Development of Economics and Finance (INDEF). Dalam wawancara itu, Enny mengatakan bahwa siapa pun yang memenangkan pilpres Amerika, Indonesia harus menyesuaikan diri, karena Indonesia tidak bisa melepaskan diri dari pergaulan global.

Ketika ditanya apakah ekonomi global akan kembali mengalami ketidakpastian jika Trump yang menang, mengingat tipikal Trump yang selalu membuat kontroversi, Enny mengaku tidak yakin bahwa tabiat Trump akan seperti dulu, karena pilihan yang dimiliki Amerika juga tidak terlalu banyak sekarang. Apalagi, Amerika juga sudah mengeluarkan stimulus cukup besar untuk mengatasi pandemi, dan jika tidak hati-hati maka akan berdampak terhadap inflasi di Amerika sendiri.

Simak penjelasan Enny Sri Hartati selengkapnya di Tagar TV.

Seputar Video Terkini

22 November 2020 | 16:07 WIB
20 November 2020 | 18:51 WIB
20 November 2020 | 13:42 WIB
19 November 2020 | 17:25 WIB
18 November 2020 | 23:24 WIB
18 November 2020 | 14:27 WIB