UNTUK INDONESIA

Jakarta - Pandemi C-19 sudah berlangsung selama lebih kurang 7 bulan di Indonesia, dan hampir semua wilayah terdampak oleh virus yang berasal dari Wuhan, China ini, termasuk Jakarta dan juga Bogor yang merupakan kota penyangga Jakarta. Bagaimana strategi Bogor menghadapi pandemi?

Terkait hal itu, Cory Olivia dari Tagar TV melakukan wawancara zoom pada hari Senin, 5 Oktober 2020, bersama dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Dalam wawancara ini, Bima Arya menyatakan tidak akan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total seperti yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Strategi yang dilakukan Bima Arya adalah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro, yaitu memperketat pengawasan di level kelurahan atau Rukun Warga (RW).

Alasan Bima Arya tidak melakukan PSBB total lagi adalah karena pertimbangan ekonomi, hampir 80% warga Bogor terdampak pandemi, 42% warga Bogor mengalami PHK. Jadi menurut Bima Arya, yang perlu dilakukan sekarang adalah penguatan protokol kesehatan.