UNTUK INDONESIA
Ustaz Abdul Somad, Jodoh dan Terpeleset di Media Sosial
Menarik untuk mengetahui kiprah UAS hingga populer dan video dakwahnya mendapat tempat di hati umat muslim. Wajahnya amat familiar di media sosial.
Ustaz Abdul Somad. (Foto: Instagram/Ustaz Abdul Somad)

Jakarta - Penceramah Ustaz Abdul Somad menjadi polemik usai video dakwahnya di Masjid An Nur Pekanbaru, Riau, viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 1 menit 55 detik yang ia klaim merupakan materi dakwahnya 3 tahun lalu, UAS, sapaannya, menyebut istilah salib dan jin kafir.

Menarik untuk mengetahui kiprah UAS hingga populer seperti sekarang ini, karena tidak sedikit jumlah umat muslim yang menyukai kajian dakwahnya. Berikut perjalanan UAS dalam rangkuman Tagar.

Pria yang memiliki nama lengkap Abdul Somad Batubara, lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara pada 18 Mei 1977. Sejak kecil ia sudah akrab dengan penguatan materi agama Islam menurun dari keluarganya. 

Usai menamatkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu pada tahun 1996, kemudian penulis buku "37 Masalah Populer" itu mengikuti program beasiswa di Universitas Al Azhar, Mesir pada tahun 2002. 

Baca juga: Wahabi vs Islam Nusantara dalam Pandangan NU

Dalam kurun waktu 3 tahun 10 bulan, UAS menyabet gelar Lc. dalam studi Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab.

Kemudian, penceramah yang mendapat gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara ini melanjutkan studi magister dan doktoralnya di Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah, Maroko. 

Usai menyelesaikan studi, ia mulai rutin mengisi acara pengajian dan mulai rutin memberi dakwah di berbagai masjid di Riau dan sekitarnya. 

UAS mampu meraih popularitas dengan cepat karena materi ceramah yang ia bawakan diunggah ke YouTube, utamanya saat memberi tausiah di salah satu masjid di Pekanbaru

Ustaz Muhammad Hidayat dapat dibilang pria yang berjasa dalam melesatkan karirnya. Tahun 2017 silam ia merekam ceramah UAS melalui ponsel dan mengunggahnya ke YouTube.

Setelah itu, dakwah UAS mulai disimak oleh sekelompok umat muslim. Di atas mimbar, ia dikenal dapat membawakan materi tausiah secara lugas dengan gaya bahasa yang mudah dicerna oleh orang awam sekalipun.

Baca juga: Persamaan Ustaz Abdul Somad dan Zakir Naik

Cuplikan-cuplikan ceramahnya juga kerap menghiasi lini masa di media sosial Facebook dan Instagram. 

Hal ini yang membuat dia lebih rutin mengisi konten video dalam kanal Youtube 'Tafaqquh video' untuk menyerap umat sekaligus mendongkrak subscriber pada akun tersebut. 

Setelah itu, UAS diketahui membuat kanal sendiri dengan nama Ustadz Abdul Somad Official.

Selain aktif di Youtube, pada Juni 2019, melihat basis massanya semakin banyak, UAS tidak mau ketinggalan momentum. 

Dia mulai aktif menyalurkan dakwahnya melalui medium Instagram pada akun @ustadzabdulsomadofficial. Dalam pantauan Tagar, saat ini akun tersebut telah diikuti lebih dari 973 ribu warganet.

Dalam berdakwah, UAS kerap menggelar sesi tanya jawab dengan jemaahnya. Pembahasan mengenai salib dan jin kafir yang viral saat ini merupakan dakwah saat ia menjawab pertanyaan dari salah seorang jemaah. []

Berita terkait
Ustad Somad Mengisi Tablig Akbar di Hadapan Ribuan Warga Makassar
"Selama ini lihatnya cuma di TV, kebetulan ustadnya di sini, kami tidak ingin ketinggalan," kata salah satu warga Pasar Cidu, Jalan Cakalang Makasar.
Konspirasi Besar di Balik Viral UAS-Papua-Komunis
Diduga ada yang mengonspirasikan rentetan isu UAS, razia buku komunis, hingga Papua, sengaja dibuat supaya terkesan Indonesia rawan perang saudara.
Sebut Salib Jin Kafir, Abdul Somad Dipolisikan
Brigade Meo NTT mengatakan tausiah UstazAbdul Somad dalam video viral sudah sangat meresahkan masyarakat, terlebih umat Kristen dan Katolik.
0
Strategi Bakar Uang Marketer Rugikan OVO-Bukalapak
OVO dan Bukalapak tak kuat membakar uang dengan berbagai promo. Kedua perusahaan digital itu berharap semakin berkembang tanpa bakar uang.