UNS Terima 33 Mahasiswa Asing Tahun Ini

Tahun ini Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima 33 mahasiswa asing dari 13 negara yang sudah menjalani orientasi dan pembekalan khusus.
Universitas Sebelas Maret (UNS) di Solo, Jawa Tengah. (Foto: Tagar/Kemendagri)

Jakarta - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menerima 33 mahasiswa asing tahun ini. Mereka semua sudah menjalani orientasi dan pembekalan khusus bagi mahasiswa asing secara daring pada Rabu 18 Agustus 2021. Sebelumnya, UNS juga melangsungkan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat universitas pada 13-14 Agustus 2021

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerja sama dan Layanan Internasional UNS, Rino Ardhian Nugroho menjelaskan, tahun ini UNS menerima 33 mahasiswa asing dari 13 negara.

"Perinciannya, sebanyak 22 mahasiswa dengan skema beasiswa UNS, tiga mahasiswa dengan biaya mandiri, dan delapan mahasiswa dengan pembiayaan Kemitraan Negara Berkembang (KNB)," kata Rino seperti tertulis dalam siaran pers, Jumat 20 Agustus 2021.

Wakil Rektor Perencanaan, Kerja sama, Bisnis, dan Informasi UNS, Sajidan juga mengucapkan selamat atas keberhasilan mahasiswa asing menjadi bagian dari UNS.

"Kesempatan melanjutkan pendidikan di luar negeri khususnya UNS tentunya memberikan peluang memperoleh pengalaman bergaul dan berkomunikasi dengan lingkungan baru dengan budaya yang berbeda. Semoga para mahasiswa memanfaatkan setiap peluang yang ada di masa kuliah untuk bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki," tutur Sajidan.



Semoga para mahasiswa memanfaatkan setiap peluang yang ada di masa kuliah untuk bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki.


Orientasi ini diselenggarakan untuk memberikan informasi terkait hal-hal yang perlu disiapkan mahasiswa asing saat mengikuti pembelajaran di UNS. Orientasi menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Kepala Sub Seksi Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta Ardian Pramastyo Putro. Ardian menjelaskan mengenai peraturan keimigrasian yang berlaku di Indonesia.

Narasumber lainnya, Bripka Reisa Hariyadi Bayu Utama dari Bagian Pengawasan Orang Asing Polresta Surakarta mengingatkan agar para mahasiswa asing memahami dan menaati setiap peraturan hukum yang berlaku di Indonesia, karena bisa jadi berbeda dengan kebiasaan serta peraturan yang berlaku di negara asal.

Baca Juga: 

Daftar Lengkap Kampus Favorit di Yogyakarta Selain UGM

Pengamat: Ambisi Nadiem Makarim Soal Startup Kampus Sia-Sia

Selain itu, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Solo Arie Prabowo juga menjadi narasumber. Arie menjelaskan mengenai kewajiban, syarat, serta prosedur pengurusan Surat Keterangan Tempat Tinggal bagi mahasiswa asing jika nantinya mereka sudah tinggal di Indonesia.

UPT Kerja sama dan Layanan Internasional UNS bekerja sama dengan UPT Pusat Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UP2B) juga menyelenggarakan kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) untuk seluruh mahasiswa asing angkatan 2021/2022 untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia bagi mahasiswa asing agar memperlancar proses pembelajaran dan meningkatkan prestasi. []




Berita terkait
Perpeloncoan Mahasiswa Baru di Universitas Halu Oleo Kendari
Universitas Halu Oleo Kendari, Sultra, skan jatuhkan sanksi kepada mahasiswa yang terlibat praktek perpeloncoan terhadap mahasiswa baru
STIE Dwimulya Hadir sebagai Kampus Rakyat di Indonesia
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dwimulya yang merupakan perguruan tinggi swasta di Kota Serang sebagai kampus rakyat dan kampus perubahan.
Kemendikbudristek Ajak Mahasiswa Daftar Kampus Mengajar
Kemendikbudristek Nizam mengajak seluruh mahasiswa untuk mendaftar dan terlibat dalam program Kampus Mengajar dengan berbagai inovasi terbarukan.
0
UNS Terima 33 Mahasiswa Asing Tahun Ini
Tahun ini Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima 33 mahasiswa asing dari 13 negara yang sudah menjalani orientasi dan pembekalan khusus.