Ukraina dalam Film Tentang Perang, Perdamaian, dan Demokrasi

Mulai dari kisah tentang Kota Mariupol hingga rencana Sean Penn membuat film soal invasi Rusia ke Ukraina tahun 2022
Film dokumenter baru oleh Sean Penn (Foto: dw.com/id)

TAGAR.id - Berbagai film dokumenter dan laporan jurnalis mengungkap sejarah Ukraina. Mulai dari kisah tentang Kota Mariupol hingga rencana Sean Penn membuat film soal invasi Rusia ke Ukraina tahun 2022. Christine Lehnen melaporkannya untuk DW.

Mantas Kvedaravicius tewas di UkrainaMantas Kvedaravicius tewas di Ukraina (Foto: dw.com/id)

Mantas Kvedaravicius tewas di Ukraina - Sutradara film Mantas Kvedaravicius tewas dalam serangan Rusia ketika mencoba meninggalkan Mariupol, lapor Kementerian Pertahanan Ukraina. Kvedaravicius terkenal karena film dokumenter Mariupolis yang sukses ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Berlin pada 2016. Film tentang pertempuran di kota pelabuhan itu merupakan salah satu dari banyak film yang mengeksplorasi sejarah Ukraina.

Mr\'Mr. Jones\' karya Agnieszka Holland (Foto: dw.com/id)

'Mr. Jones' karya Agnieszka Holland - Salah satu entri kompetisi Berlinale 2019 didasarkan pada kisah nyata jurnalis Welsh Gareth Jones yang melakukan perjalanan ke Uni Soviet pada tahun 1933 dengan harapan dapat mewawancarai Stalin. Sepanjang jalan, ia menyaksikan Holodomor, kelaparan dahsyat yang menewaskan jutaan orang Ukraina. Laporan Jones membuat dunia sadar akan bencana skala besar yang coba disembunyikan oleh otoritas Soviet.

Babi Yar Contex karya Sergei Loznitsa\'Babi Yar. Context\' karya Sergei Loznitsa (Foto: dw.com/id)

'Babi Yar. Context' karya Sergei Loznitsa - Film karya sutradara Ukraina, Sergei Loznitsa, menceritakan pendudukan Nazi di Ukraina selama Perang Dunia II. Film dokumenter "Babi Yar. 

Context" (2014) didasarkan pada rekaman arsip dan merekonstruksi peristiwa yang menyebabkan pembunuhan 33.771 orang Yahudi di Kyiv pada September 1941.

Rhino karya Oleg Senzov\'Rhino\' karya Oleg Senzov (Foto: dw.com/id)

'Rhino' karya Oleg Senzov - Film "Rhino" (2021) buatan sutradara Ukraina, Oleg Senzov, berlatar tahun 1990-an menunjukkan bagaimana kejahatan dan kekerasan menyebar di Ukraina setelah runtuhnya Uni Soviet. "Cukup banyak di Ukraina yang masih meromantisasi periode ini," katanya kepada DW pada saat rilisan filmnya. Senzov berharap film karyanya akan "benar-benar menghilangkan romantisme" bab gelap ini.

Maidan karya Sergei Loznitsa\'Maidan\' karya Sergei Loznitsa (Foto: dw.com/id)

'Maidan' karya Sergei Loznitsa - Dalam film dokumenter lain buatan tahun 2014, Loznitsa mengabdikan dirinya untuk apa yang dikenal sebagai "Euromaidan." Di Maidan Square Kyiv antara 2013 dan 2014, ratusan ribu orang berdemonstrasi untuk menjunjung demokrasi. Diawali dengan protes damai, berakhir dengan pertempuran jalanan. Saat ini, Ukraina mengingat Euromaidan sebagai "Revolusi Martabat."

Bad Roads karya Natalya Vorozhbyt and Donbass karya Sergei Loznitsa\'Bad Roads\' karya Natalya Vorozhbyt and \'Donbass\' karya Sergei Loznitsa (Foto: dw.com/id)

'Bad Roads' karya Natalya Vorozhbyt and 'Donbass' karya Sergei Loznitsa - Dua film layar lebar didedikasikan untuk wilayah Donbas, tempat pasukan pemerintah Ukraina memerangi separatis pro-Rusia sejak 2014. Natalya Vorozhbyt mengubah dramanya 'Bad Roads' (2020) menjadi sebuah film yang menceritakan empat kisah yang berlatar di jalan-jalan Donbas. Sergei Loznitsa menunjukkan bagaimana perang menjadi kehidupan sehari-hari dalam filmnya 'Donbass' (2018).

Film dokumenter baru oleh Sean PennFilm dokumenter baru oleh Sean Penn (Foto: dw.com/id)

Film dokumenter baru oleh Sean Penn - Sean Penn saat ini sedang syuting film dokumenter tentang agresi militer Rusia ke Ukraina. Penn bahkan berada di Kyiv ketika Rusia menginvasi negara itu. Sebelumnya pada 2021, Penn melakukan perjalanan ke wilayah Donbas dan berbicara dengan tentara Ukraina di sana. Foto ini diambil saat itu oleh Kantor Pers Angkatan Darat Ukraina. (ha/as)

Latar Belakang Konflik Ukraina dan Invasi Rusia ke Donbas

Presiden Ukraina Minta Amerika Kirim Tambahan Jet

Presiden Ukraina Sebut Jerman dan Prancis Halangi Ukraina Gabung NATO

Pemerintah Jerman Tolak Kirim Senjata ke Ukraina

Berita terkait
Diplomat Amerika Mulai Kembali ke Ukraina
Para diplomat Amerika Serikat (AS) mulai kembali ke Ukraina pekan ini dan AS mulai mengirim lebih banyak bantuan
0
Ukraina dalam Film Tentang Perang, Perdamaian, dan Demokrasi
Mulai dari kisah tentang Kota Mariupol hingga rencana Sean Penn membuat film soal invasi Rusia ke Ukraina tahun 2022