UNTUK INDONESIA
Uji Coba Fitur Stories, Tagar #RIPTwitter Bergema
Twitter tengah melakukan uji coba fitur stories yang dinamai Fleets di Brazil. Fitur ini mendapat kritikan dari penggunanya.
Twitter melakukan uji coba fitur stories bernama fleets di Brazil. (Foto: Twitter/kayvz)

Jakarta - Twitter tengah melakukan uji coba fitur stories yang dinamai Fleets di Brazil. Nantinya akan ada model penulisan tweet yang akan menghilang setelah 24 jam.

Fitur cuitan ini dapat dilihat dengan cara mengetuk gambar profil pengguna. Namun, berbeda dengan fitur stories Instagram, fleets tidak akan muncul di timeline pengguna untuk mendapatkan respon retweet dan komentar dari pengguna lain.

"Fitur fleets ini diharapkan dapat membantu orang berbagi pemikiran singkat bahwa mereka tidak mungkin menge-tweet," kata pemimpin produk Twitter, Kayvin Beykpour, sebagaimana diberitakan Reuters, Kamis, 5 Maret 2020.

Dikutip dari The Verge, cara menggunakan fleet, pengguna cukup mengetuk tombol tambah yang muncul di baris beranda untuk unggahan sementara yang terdapat di atas timeline beranda. Pengguna dapat mengetik hingga 280 karakter teks dan bisa juga menambahkan foto, GIF atau video.

FleetsFleets merupakan fitur untuk penulisan tweet yang akan menghilang setelah 24 jam. (Foto: Twitter/Kayvz)

Fleets akan yang sudah diunggah akan muncul di barisan beranda atas. Pengguna dapat melihat fleet tersebut dari akun lain yang diikuti. Pengguna lain dapat meresponnya dengan emoji yang seperti terdapat dalam Direct Message (DM).

Dapat Penolak dari Pengguna

Tampaknya inovasi yang dihadirkan Twitter tidak disambut baik oleh pengguna. Ini terbukti dari tagar #RIPTwitter yang bertengger di trending topic pertama, dengan jumlah tweet lebih dari 43 ribu.

Warganet turut memberikan komentar terhadap fitur baru Twitter ini. Misalnya akun @tresa_chndrp yang menuliskan, "Kami segenap kaum kentang tidak berminat dengan fitur baru twitter!"

Kemudian ada akun @andrigunardiii yang berkomentar,"Main twitter karena merasa introvert ga punya apa apa yang harus dipamerin di instagram, kerjaan rebahan sambil berbacot ria. Kalau di twitter ada fitur story, ya mau ngucapin aja selamat datang untuk pengguna Instagram yang berbondong-bondong pindah main twitter."

Pengembangan fitur ini dilakukan Twitter sejak setahun lalu, seraya rivalnya, Facebook, mengumumkan akan fokus membangun produk yang menekankan privasi dan bersifat sementara. Rencana tersebut diharapkan dapat membuat pengguna semakin tertarik.

Twitter pun tidak mau kalah dari Facebook, dalam beberapa bulan terakhir, platform media sosial berlogo burung biru itu sudah meluncurkan sejumlah fitur baru yang lebih ramah pengguna. Hanya saja, para investor Twitter menyebut inovasi tersebut telah gagal.

Hal tersebut terbukti dari saham Twitter yang terjun bebas pada tahun 2019. Platform-nya mengalami gangguan yang menghambat kemampuannya untuk iklan dan berbagi data dengan mitra.[]

Berita terkait
Virus Corona, Karyawan Twitter Boleh Kerja di Rumah
Twitter menyarankan karyawannya bekerja dari rumah untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona jenis COVID-19.
Fitur Lokasi di Twitter Akan Dihapus
Media sosial Twitter akan menghapus fitur tag lokasi di cuitan karena tidak banyak orang menggunakannya.
Twitter Ternyata Miliki Fitur Enkripsi Rahasia pada Aplikasi Android
Adanya fitur enkripsi dalam Direct Message akan membuat aplikasi tersebut menjadi tempat di mana Anda dapat mengirim pesan pribadi tanpa takut konten akan diketahui.
0
Uji Coba Fitur Stories, Tagar #RIPTwitter Bergema
Twitter tengah melakukan uji coba fitur stories yang dinamai Fleets di Brazil. Fitur ini mendapat kritikan dari penggunanya.