Indonesia
Tujuh Fakta Tentang Komedian Sule
Menjadi komedian yang sukses bukan urusan, ini dia beberapa fakta tentang Sule.
Tujuh fakta mengenai Sule. (Foto: Instagram/ferdinan_sule)

Jakarta, (Tagar 8/4/2019) - Menjadi komedian yang sukses bukan urusan yang mudah bagi Entisna Sutisna atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Sule. 

Sule telah malang melintang di industri hiburan tanah air, mulai dari menjadi penari, penyanyi, seni peran, hingga melawak sudah dilakoni lebih dari 10 tahun.

Nama Sule ternyata memiliki arti yakni, Sunda Bule. Panggilan itu ada karena rambut yang di cat warna pirang dan lahir dari keluarga Sunda.

Baca juga: Lima Fakta Naomi Zaskia Calon Istri Sule

Selain itu, ada fakta unik dari pemilik jargon Prikitiuw itu, di antaranya:

1. Sejak kecil telah menggeluti dunia seni

Sejak umur lima tahun Entis Sutisna atau lebih dikenal Sule sangat menyukai dunia seni, baik seni tari, seni musik, juga seni peran. Sehingga pada perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus, tak jarang ia kerap tampil menari.

2. Ayah Sule seorang penjual bakso dan jagung rebus

Pria yang lahir di Cimahi, Jawa Barat, 15 November 1976. Dia lahir dari keluarga yang pas-pasan, ayahnya adalah seorang penjual bakso dan jagung rebus selama berpuluh tahun.

Begitu juga dengan Sule, sebelum terkenal seperti sekarang ia ikut membantu ayahnya berjualan bakso dan jangung rebus.

Tidak hanya itu, mulai dari tukang bakso, jualan ayam goreng, tukang panggul sound system pun dilakukannya untuk menghidupi keluarganya.

Meskipun telah menikah dengan Lina pada tahun 1997 silam, pendapataan Sule tidak seberapa dari menjual bakso dan jagung rebus. Mereka mengawali kehidupan serba kekurangan. Sule mengakui jika mereka tinggal di sebuah kontrakan petakan. Bahkan untuk membayar kontrakan ia harus meminjam tetangganya dulu.

Hal itu membuat Sule tidak tahan, sehingga ia memutuskan untuk hijrah ke Jakarta untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

3. Cita-cita utamanya bukan pelawak, tapi penyanyi

Sejak kecil Sule tidak merasa dirinya bisa melawak, tapi dia bercita-cita ingin menjadi penyanyi. Namun, ketika dia bernyanyi justru dianggap lucu, akhirnya ia disuruh untuk melawak.

Memang tidak bisa dipungkiri jika kelebihan untuk melawak ada pada dirinya. Pasalnya, sang ayah memang pintar melawak, hal itu dilakukannya saat melayani para pembeli bakso, dia melayani dengan lelucon.

Saat ini, talenta yang dimiliki Sule tidak hanya di bidang komedi, tapi juga dalam tarik suara, dalam dunia seni peran pun dia kerap tampil.

4. Karirnya berawal dari Akademisi Pelawak Indonesia (API) 1

Sule mulai disorot setelah memenangi Akademisi Pelawak Indonesia (API) 1 pada 2005, saat itu bersama Oni Suwarman dan Obin Wahyudin Ogi membentuk grup lawak yang diberi nama SOS dan Superstar Show bersama Jaja.

Karirnya semakin meningkat setelah perannya dalam acara Opera Van Java di Trans7. Sule menghiasai panggung dengan teman-temannya, seperti Andre Taulany, Parto Patrio, Nunung, dan Azis Gagap.

Kemudian Sule menjajal komedi dalam sebuah film yang berjudul Awas ada Sule. Setelah 5 tahun di Opera Van Java (OVJ), pada 28 April 2014 akhirnya ia mengundurkan diri dari acara yang telah membesarkan namanya, sebab padatnya agenda yang harus dikerjakannya.

Sejak 2014 hingga kini, pelantun Suami-suami Takut Istri itu menjadi host di acara Ini Talk Show bersama dengan Andre Taulany.

5. Memiliki empat anak

Menikah dengan Lina pada 19 Februari 1998. Saat itu usia Lina masih 19 tahun. Usai menikah dengan Sule, Lina menjalani kehidupan serba kekurangan, hingga dia harus menjual pakaian demi mencukupi kehidupan mereka sehari.

Namun, berapa lama setelah menikah, nama mantan suaminya, Sule semakin terkenal dan kehidupan mereka pun berubah. Mantan pasangan ini dikaruniai empat orang anak, yaitu: Rizky Febian, Putry Delina Andriany Sutisna, Rizwan dan Ferdinand.

6. Resmi bercerai dengan Lina

Setelah melewati pahit manis kehidupan rumah tangga berpuluh-puluh tahun, kini harus berakhir di ujung perceraian. Keduanya resmi bercerai pada 20 September 2018.

Perceraian tersebut disetujui oleh majelis hakim atas permintaan Lina. Alasan Lina menceraikan mantan suaminya itu karena mendapat kekerasan psikis dan kekerasan ekonomi. Meskipun pada akhirnya ada pihak ketiga di antara mereka.

7. Sule akan menikah dengan gadis muda dan cantik, Naomi Zaskia

Sejak menduda empat bulan, Sule kembali menemukan sosok perempuan yang dapat membahagiakan dia kelak, yaitu gadis blateran Jerman dan bali, Naomi Zaskia.

Meskipun awalnya, keduanya hanya diisukan dekat, namun Sule telah menyatakan dengan gamblang jika dia akan menikah dengan gadis yang disapa Naomi itu pada pertengahan tahun 2019.

"Insha Allah antara April, Mei, Juni, saya akan menikah secara sah, hehehe," tutur Sule. []

Berita terkait
0
UAS Diduga Hina Kristen, Berikut Transkrip Lengkapnya
Berikut isi pernyataan UAS yang viral menyatakan salib dan patung jin kafir. Video tersebut telah dilaporkan ormas Brigade Meo.