Jakarta – Transaksi elektronik BRI link, agen bank milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), merupakan salah satu badan usaha milik negara yang terbesar di indonesia. Selain ikut serta dalam memberikan pendapatan kepada negara, Bank BRI juga ikut berpartisipasi dalam program brancless banking dari pemerintah yang diberi nama agen BRILink.
Bank BRI yang bekerjasama dengan pada nasabah untuk dijadikan agen yang mana nantinya para agen dapat melayani transaksi perbankan kepada masyarakat secara tepat waktu melalui sistem online. Setiap orang yang ikut terlibat sebagai agen BRILink sangat perlu mengetahui modal yang disiapkan dan beberapa keuntungannya.
Namun, selama pandemi transaksi di kios agen BRILink sempat menurun karena banyak orang yang penghasilannya menurun sehingga mereka jarang bertransaksi. Masyarakat yang masih takut dengan kondisi pandemi yang belum jelas saat itu menjadi salah satu faktor menurunnya jumlah transaksi.
- Baca Juga: BRI Imbau Nasabah Ganti ATM Strip Magnetik dengan Kartu Cip
- Baca Juga: Tak Butuh Waktu Lama, 3 Cara Buat Rekening BRI Secara Online
“Tetapi kemudian transaksi mulai meningkat lagi di kaurta II 2020 dan bahkan sampai akhir tahun 2020 kami mencatatkan pertumbuhan yang justru luar biasa karena adanya pandemi,” kata Arga.
BRILink merupakan perluasan layanan BRI. Program ini mampu mendekatkan perbankan dengan masyarakat melalui gerai/outlet perbankan yang dikelola pihka ketiga atau masyarakat yang mirip bank mini hingga dapat menjadi sumber penghasilan bagi agennya.
"Selama pandemi ini saya masih bisa memperoleh keuntungan sekitar Rp7 juta setiap bulan. Sebelum pandemi rata-rata Rp15 juta per bulan. Pernah juga mencapai puluhan juta dalam satu bulan," ujarnya Anwar
Melalui agen BRILink, nasabah BRI maupun masyarakat umum lainnya bisa mendapatkan pelayanan yang sama seperti halnya di kantor BRI. Masyarakat dapat melakukan setoran tabungan, penarikan secara tunai, serta melakukan transaksi pembayaran melalui agen.
Kini sudah ada sekitar 500 ribu agen BRILink yang tersebar di sekitar 54 ribu desa, dengan tiap agen ada di setiap kecamatan dan kelurahan di Indonesia.
- Baca Juga: Bantuan Logistik Banjir Jadetabek, BRI: Kami Akan Terus Hadir
- Baca Juga: BRI Komitmen Beri Layanan Perbankan Saat PPKM
Saat ini, Agen BRILink bisa melayani berbagai transaksi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Transaksi ini di antaranya transfer, tarik tunai, setoran pembayaran tagihan listrik PLN, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, Gopay, OVO, layanan referral pembukaan rekening tabungan dan pinjaman dan berbagai transaksi lainnya.
Adapun yang terbaru, AgenBRILink juga melayani pembayaran tiket kapal feri ASDP yang pemesanannya dapat dilakukan melalui www.ferizy.com.
(Emilya Rahmawati)