Tips Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil, Simak Di Bawah Ini

Tips menghilangkan jamur pada kaca mobil pastinya banyak digunakan oleh pemilik mobil untuk membersihkan kaca mobil mereka.
Otoklik. (Foto: Tagar)

TAGAR.id, Jakarta - Tips menghilangkan jamur pada kaca mobil pastinya banyak digunakan oleh pemilik mobil untuk membersihkan kaca mobil mereka. Kaca mobil sendiri merupakan komponen yang penting karena mempengaruhi visibilitas dalam berkendara.

Oleh karena itu jamur yang muncul pada kaca mobil harus segera diatasi demi menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Membersihkan kaca mobil juga dapat dilakukan sendiri maupun membawanya ke bengkel.

Tim redaksi kami berhasil mendapatkan narasumber dari Helda Sihombing selaku Content manager dari perusahaan startup otoklix. Otoklix adalah sebuah platform yang memberikan banyak kemudahan agar pemilik mobil bisa mendapatkan harga yang murah dan transparant dari jasa dan layanan yang terpadu untuk pengguna mobil. Anda juga bisa mendapatkan banyak promo, salah satunya GoGoKlix.

“Musim hujan adalah waktunya untuk membersihkan jamur pada mobil dan kaca mobil. Hal ini menjadi penting, karena jika tidak, jamur pada kaca bisa menghalangi pandangan saat berkendara pada waktu hujan” Ucap helda saat di wawancara via online.


Penyebab Munculnya Jamur dan Tips Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

Kaca mobil berperan penting sebagai pelindung dari cuaca buruk dan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Dengan adanya hujan, terik matahari dan sering terjadinya perubahan cuaca maka risiko munculnya jamur pada kaca mobil akan semakin besar.

“Jamur yang menempel pada mobil bisa menggangu kesehatan dan juga akan mengganggu pandangan saat berkendara.” Ucap Helda saat di wawanara via online.


Penyebab Kaca Mobil Berjamur

Sebelum mengetahui cara-cara menghilangkan jamur pada kaca mobil, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari munculnya jamur tersebut. Penyebab dari munculnya jamur ini juga beragam. Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya jamur pada kaca mobil:


1. Sisa air hujan yang masih ada di kaca

Jika mobil kehujanan maka akan tersisa air hujan yang masih menempel di kaca. Jika bekas air hujan tersebut tidak segera dibersihkan maka bekas air tersebut akan sulit dibersihkan apa lagi jika mobil sudah kering karena sinar matahari. Sisa air hujan yang telah kering tersebutlah yang akan memunculkan jamur.


2. Pengeringan yang tidak sempurna

Pengeringan mobil setelah dicuci yang tidak kering sempurna dan masih meninggalkan sisa air juga dapat menimbulkan jamur. Karena itu pastikan Anda selalu mengeringkan mobil dengan benar.


3. Kualitas air yang kurang bagus

Air yang memiliki kualitas kurang bagus dan digunakan untuk mencuci mobil juga dapat menimbulkan jamur pada kaca mobil. Misalnya adalah air yang memiliki kandungan kapur yang tinggi atau air garam maupun air laut.


Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Sendiri

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana tips menghilangkan jamur pada kaca mobil sendiri, maka tips di bawah ini dapat Anda ikuti. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membersihkan jamur pada kaca mobil yang dapat Anda ikuti:


1. Gunakan Baking Soda

Tips menghilangkan jamur pada kaca mobil yang pertama yaitu menggunakan baking soda. Bahan ini merupakan penghilang jamur kaca mobil yang efektif, tidak beracun dan aman untuk manusia. Cara membersihkannya yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air hingga terbentuk larutan pembersih yang dapat disemprotkan ke kaca dengan mudah.

Kemudian semprotkan larutan tersebut pada kaca mobil yang berjamur, lalu gosok perlahan hingga jamur hilang. Setelah itu bersihkan sisa larutan hingga bersih.


2. Gunakan Pembersih Khusus Jamur Kaca Mobil

Bila jamur sudah membandel dan sulit dibersihkan maka Anda dapat menggunakan pembersih khusus jamur kaca mobil. Pembersih ini banyak dijual bebas di pasaran. Jangan mencoba-coba untuk menggunakan bahan lain yang dapat merusak kaca mobil.


3. Gunakan Minuman Soda

Tips menghilangkan jamur pada kaca mobil selanjutnya yaitu menggunakan minuman yang bersoda. Minuman yang mengandung soda juga ampuh untuk membersihkan jamur. Caranya yaitu dengan membasahi kain dengan air soda lalu gosokkan langsung pada kaca yang terdapat jamur secara perlahan hingga bersih. Lakukan berulang hingga seluruh jamur pada kaca mobil hilang.


4. Gunakan Pasta Gigi

Zat yang terkandung dalam pasta gigi juga ampuh untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Anda cukup mengoleskan pasta gigi pada kaca yang berjamur kemudian biarkan hingga mengering. Setelah kering bilaslah pasta gigi menggunakan kain yang lembut dan air, lalu keringkan kaca mobil dengan kain lainnya.


5. Gunakan Pemutih Pakaian

Tips menghilangkan jamur pada kaca mobil yang terakhir adalah dengan menggunakan cairan pembersih pakaian. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan membasahi kain yang lembut dengan cairan pemutih baju secukupnya. Setelah itu, gosokkan kain tersebut dengan perlahan pada bagian kaca yang berjamur hingga kaca mobil bersih dari jamur.


Aplikasi Booking Servis Mobil

Bagi Anda yang malas harus mencari bengkel untuk servis mobil yang pastinya memerlukan proses yang lumayan, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Otoklix, yaitu aplikasi booking service mobil yang akan memudahkan Anda dalam menemukan bengkel terdekat maupun layanan ganti oli, ban, hingga cuci mobil.

Saat ini Otoklix mengadakan promo GoGoKlix yaitu Gratis Ganti Oli by Otoklix dimana semua pengguna aplikasi Otoklix memiliki kesempatan untuk mendapatkan gratis ganti oli selama satu tahun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Ini tentu saja menjadi promo yang sangat menarik.

Dengan melalui aplikasi ini Anda juga dapat mendapatkan bengkel untuk membersihkan jamur kaca mobil jika Anda tidak dapat melakukan tips menghilangkan jamur pada kaca mobil sendirian. Anda juga tidak perlu ragu lagi dengan Otoklix karena sudah memiliki lebih dari dua ribu mitra dan juga jaminan garansi.[]

Berita terkait
4 Tips Berbuka Puasa di Mobil saat Perjalanan
Kondisi kemacetan lalu lintas terkadang membuat Anda tak bisa berbuka puasa di rumah.
Tips Pasang "roof box" di Atap Mobil untuk Persiapan Mudik Lebaran
Memasang roof box tidak boleh sembarangan agar tetap aman selama perjalanan dan terhindar dari tilang.
5 Tips Memilih Asuransi Mobil
Lindungi mobil pribadimu dari kerusakan parah akibat Kecelakaan atau bencana, pembobolan dan pencurian, hingga lecet.
0
Tips Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil, Simak Di Bawah Ini
Tips menghilangkan jamur pada kaca mobil pastinya banyak digunakan oleh pemilik mobil untuk membersihkan kaca mobil mereka.