UNTUK INDONESIA
Tips Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah
Kini sudah tersedia berbagai model bingkai kacamata yang dipakai sebagai alat bantu penglihatan sekaligus fashion bagi pemakainya.
Ilustrasi - Kacamata. (Foto: pixabay/Free-Photos)

Jakarta - Pemakai kacamata pada era milenial tidak perlu merasa risau lagi dengan penampilannya. Karena, kini sudah tersedia berbagai model bingkai kacamata yang bisa dipakai sebagai alat bantu penglihatan sekaligus simbol fashion bagi pemakainya.

Meski model dari bingkai kacamata menggiurkan mata karena punya harga yang ekonomis, tetap saja menimbulkan permasalahan. Baik untuk pemakai kacamata lama maupun newbie.

Masalahan apakah itu? Ya, bentuk kacamata. Karena bingkai kacamata yang terlihat chic ketika dipakai oleh artis kenamaan, belum tentu chic juga pada wajah tiap orang.

Bagaimana cara memilih kacamata yang cocok?

Pertama-tama, pemakai kacamata harus menentukan bentuk wajahnya. Caranya, jika berambut panjang tariklah rambut yang menutupi wajah hingga ke belakang, lalu lihat wajah yang tak tertutup rambut ke cermin.

Kemudian, perhatikan baik-baik bentuk, kontur wajah, dan kepala  di cermin. Barulah menentukan bingkai mana yang paling cocok untuk dipakai sesuai bentuk wajah.

Berikut tips memilih bingkai kacamata yang dirangkum Tagar dari berbagai sumber.

Bentuk wajah oval

Bentuk wajah oval merupakan bentuk wajah yang dinilai paling ideal pada manusia. Cirinya bagian tulang pipi lebar sedangkan bagian dahi maupun rahang lebih sempit.

Karena wajah oval proporsional dibanding bentuk wajah lain, maka bingkai kacamata apa pun dianggap cocok untuk pemakainnya. Hanya, saja jika ingin menjaga keseimbangan alami dari bentuk wajah oval, tidak disarankan untuk mencari bingkai kacamata yang lebih lebar dari bagian terluas wajah.

Bisa juga memilih bingkai kacamata yang tebal dan lebar atau bingkai berbentuk kenari untuk menambah nilai plus si wajah oval.

Bentuk wajah bulat

Bentuk wajah bulat merupakan wajah yang tulang pipi, dahi, dan rahang sama lebarnya. Sehingga tak ada sudut yang paling menonjol terlihat di wajah.

Untuk membuat wajah bulat tampak berbentuk dan lebih panjang, pemakai kacamata bisa memilih kacamata dengan bingkai persegi panjang yang lebih lebar atau kotak dengan posisi gagang kacamata tinggi.

Tapi perlu diingat pemakai kacamata berwajah bulat harus menghindari bingkai kacamata yang berbentuk bulat dengan gagang kacamata tebal dan warna gelap.

Wajah oblong atau lonjong

Ciri dari bentuk wajah oblong atau lonjong adalah dagu yang terlihat lebih panjang dari lebar wajah. Wajah ini memiliki garis pipi yang panjang dan lurus.

Bagi pemilik wajah oblong atau lonjong, bisa memilih bingkai kacamata dengan bentuk kotak yang gagang kacamatanya lebih rendah untuk membuat wajah tampak lebih lebar dan pendek. Namun, mereka harus menghindari bingkai kacamata yang lebih lebar dari wajah.

Wajah kotak

Pemilik wajah kotak memiliki ciri dahi yang lebar dan rahang yang kuat. Lebar dan panjang wajah memiliki proporsi yang sama. Bagi yang memiliki wajah kotak, pilih bingkai kacamata yang justru berbentuk oval atau bulat.

Agar garis wajah yang kotak dapat tersamarkan karena bingkai oval atau bulat memberi kesan garis lengkung pada wajah. Hal yang jadi pantangan bagi pemilik wajah kotak adalah bingkai kotak.

Wajah hati

Pemilik bentuk wajah hati memiliki ciri bagian dahi yang lebar, tetapi menyempit di tulang pipi dan rahang. Wajahnya sekilas terlihat membentuk simbol hati.

Bingkai kacamata yang cocok untuk meminimalkan bentuk hati adalah bingkai kacamata frameless atau tanpa bingkai. Bingkai tersebut dapat membuat dahi dan rahang terlihat seimbang.

Wajah wajik atau diamond

Pemilik wajah ini sekilas mirip dengan wajah hati. Namun, perbedaan utamannya ada pada garis rambut. Pemilik wajah bentuk wajik memiliki garis rambut yang lebih sempit atau kecil dari pemilik wajah berbentuk hati.

Untuk pemilik wajah ini, akan cocok jika memilih bingkai kacamata yang bagian atas yang lebih lebar dibandingkan bagian bawah untuk mengurangi wajah yang bersudut. Karena mereka tidak disarankan memilih bingkai bersudut, maka bingkai kacamata half frame atau nylor yang cocok untuk mereka.

Wajah triangle atau segitiga

Ciri dari wajah triangle mirip dengan wajah kotak pada sisi rahang. Hanya saja, dagu dan ujung rambut wajah triangle lebih panjang.

Bagi yang memiliki wajah segitiga, disarankan untuk memilih bingkai kacamata yang bagian atasnya lebih lebar daripada bagian bawahnya atau bingkai jenis nylor. Hal itu untuk meminimalkan lebar dagu dan menyeimbangkan sisi atas dengan bagian bawah wajah. Mereka tidak disarankan untuk memilih bingkai dengan gagang yang lebar.

Baca juga:

Berita terkait
0
25 Penimbun Masker di 9 Provinsi di Ringkus Polisi
Mabes Polri meringkus 25 tersangka penimbun masker dan hand sanitizer dari 9 provinsi di Indonesia