Jakarta, (Tagar 7/1/2019) - Baru-baru ini terdengar kabar kurang mengenakkan dari pemusik kenamaan Ed Sheeran. Pria asal Inggris itu dikabarkan terbelit kasus hukum plagiarisme lagu Thinking Out Loud.

Ed Townsend Jr memperkarakan karena lagu yang rilis tahun 2014 itu dianggap mirip dengan lagu Let's Get It On, karya Marvin Gaye yang rilis tahun 1973. Sebagai pewaris lagu Let's Get It On, Ed Townsend mengajukan kasus ini ke meja hijau. Namun, tuduhan ini dibantah Ed Sheeran dengan mengajukan permintaan pembatalan tuntutan.

Hakim distrik, Louis Stanton menolak permintaan pelantun Perfect ini pada Kamis (3/1/2019). Louis mengungkapkan para juri sebaiknya mempertimbangkan tanggung jawab yang harus dilaksanakan Ed Sheeran terkait kasus yang menjeratnya.

Menurut Louis, ada kesamaan yang cukup signifikan antara kedua lagu. Di antaranya, melodi, ritme harmoni, nada rendah, dan perkusi. Walaupun tidak semua elemen terkait dengan hak cipta, kesamaan tersebut cukup untuk mengajukan sebuah tuntutan.

"Kendati dua komposisi (lagu) ini tidak sama persis, lewat pengamatan secara garis besar bisa disimpulkan bahwa bagian Thinking Out Loud diambil dari Let's Get It On," tulis Louis.

Ed Sheeran juga menghadapi tuntutan lain terkait lagu Thinking Out Loud. Sebuah perusahaan bernama Structured Asset Sales LLC yang memiliki sepertiga warisan Ed Townsend Jr ini juga menuntut ganti rugi Rp 1,4 triliun.

Selain itu, Ed Sheeran juga menghadapi kasus hukum seputar hak cipta untuk lagu Photograph dan Shape of You. []