Tata Cara Tarawih dan Salat Id Berjemaah di Masjid Tahun 2021

Muslim Indonesia boleh salat tarawih berjemaah pada Ramadan 2021, juga boleh salat id berjamaah pada Hari Raya Idul Fitri 2021. Ini tata caranya.
Ilustrasi - Idul Fitri 2020 sedang pandemi, Presiden Jokowi dan keluarga salat id di halaman depan Wisma Bayurini, kompleks Istana Kepresidenan RI, Bogor, Minggu, 24 Mei 2020. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta - Muslim Indonesia boleh menjalankan tarawih berjemaah pada bulan puasa Ramadan 2021, juga boleh salat id berjemaah saat hari raya Idul Fitri 2021. Salat jemaah di masjid atau di tempat yang disetujui kelompok jemaah. Kegiatan ini tidak dilarang pemerintah walaupun situasi masih dalam keadaan pandemi. Syaratnya harus memperhatikan protokol kesehatan. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam konferensi pers virtual, Senin, 5 April 2021. 


Muhadjir EffendyMenteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (Foto: Dak Tagar)


Berikut ini tata cara salat tarawih berjemaah pada Ramadan 2021 dan salat id berjemaah pada Lebaran 2021, berdasarkan penjelasan Muhadjir Effendy.

1. Jumlah jemaah terbatas dalam satu komunitas, di lingkup komunitas jemaahnya sudah kenal satu sama lain. Jangan izinkan orang tidak dikenal masuk dalam komunitas.

Pertimbangannya, satu sama lain sudah kenal dalam komunitas, tahu riwayat kesehatan masing-masing, tahu riwayat perjalanan masing-masing. Sedangkan orang tidak dikenal tidak diketahui riwayat kesehatan dan perjalanannya. Cara ini ditempuh untuk menghindari risiko tertular atau menularkan corona.

2. Selama salat berjemaah, protokol kesehatan diterapkan; menjaga jarak aman, satu sampai satu setengah meter antaranggota jemaah, memakai masker, mencuci tangan, hindari berjabat tangan.

3. Pelaksanaan salat berjemaah dibuat sesimpel mungkin agar waktu tidak terlalu panjang karena kondisi masih darurat. Ini ditempuh untuk menghindari potensi penularan virus. 

4. Hindari terciptanya kerumunan saat berangkat atau saat bubaran. Dalam situasi normal, bukan dalam keadaan pandemi, biasanya antaranggota jemaah saling berjabat tangan saat bubaran tarawih atau bubaran salat id di masjid. Ini tidak boleh dilakukan saat darurat pandemi. Cukup tersenyum jarak jauh, walau tidak terlihat karena tertutup masker, dengan merapatkan tangan di dada sebagai tanda salam hormat.





Berita terkait
Apakah Vaksinasi Siang Hari Saat Ramadan Membatalkan Puasa?
Pemerintah sedang gencar melakukan vaksinasi untuk menciptakan herd immunity, nanti Ramadan April 2021 suntik vaksin siang hari apa puasa batal?
Cara Mengecek Jadwal Imsakiah Puasa Ramadan Tahun 2021
Diprediksi NU - Muhammadiyah akan kompak dengan hari pertama puasa 2021 adalah tanggal 13 April. Begini cara mengecek jadwal imsakiah Ramadan 2021.
Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah pada Bulan Puasa Ramadan 2021
Sebentar lagi Ramadan, zakat fitrah berapa harus dibayar, fidyah berapa harus dibayar, berikut ini besaran zakat fitrah dan fidyah Ramadan 2021.
0
Pancasila, Nilai Luhur Bangsa Penuntun di Kegelapan
Nilai-nilai dalam Pancasila merupakan perasan dari nilai kehidupan bangsa yang bisa menuntun seluruh anak bangsa untuk berfikir dan bersikap.