UNTUK INDONESIA
Syed Saddiq: Jokowi Memanggilku Bro
Syed Saddiq: Jokowi memanggilku bro. Pertemuan mengesankan disela kunjungan kerja tinjau kesiapan Asian Games di Palembang.
Syed Saddiq: Jokowi Memangilku Bro | Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Abdul Rahman semobil dengan Presiden Joko Widodo. (Foto: Twitter/Syed Saddiq)

Jakarta, (Tagar 14/7/2018) - Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Abdul Rahman mengunggah sebuah video kebersamaannya dengan Presiden Joko Widodo di akun Twitter-nya, Sabtu (14/7).

Pada pengantar unggahan video, Syed Saddiq menulis: 

"Bersama Bapak Presiden @jokowi. Orangnya sangat baik dan senang didekati. 

He called me bro (dengan emoji tertawa sampai keluar air mata). We both stressed on the need to enhance bilateral relations among countries and to move forward as one. There will be bumpy roads but in the end, we are one. 

#YouthPower"

Dalam video itu tampak keakraban mereka, dan keduanya pun saling memuji. 

"Assalamualaikum. Hari ini saya bersama Bapak Presiden yang merupakan idola saya dan idola anak muda di Malaysia dan juga di Indonesia," kata Saddiq dengan senyum lebar.

Ia kemudian mempersilakan Presiden Jokowi untuk menyapa rakyat Indonesia.

"Ya ini saya satu mobil dengan bro Saddiq," kata Jokowi.

Saddiq tertawa lepas mendengar dirinya dipanggil bro.

Jokowi melanjutkan, "Saya senang sekali ada menteri yang smart, cerdas, satu mobil dengan saya."

"Terima kasih," kata Saddiq pelan.

"Indonesia dan Malaysia sebagai saudara serumpun, marilah bekerja bersama-sama dalam segala bidang," kata Jokowi lagi.

"Inysa Allah," kata Saddiq pelan.

Jokowi melanjutkan kalimatnya, "Investasi, perdagangan, hubungan tenaga kerja, saya kira semuanya harus baik, semuanya harus baik."

"Kita saudara serumpun, saudara selama-lamanya," kata Saddiq.

Ia kemudian menengok sekilas pada Jokowi, "Terima kasih, Bapak Presiden."

"Terima kasih, bro," kata Jokowi.

Mereka pun kembali tertawa lepas bersama. 

Video itu viral di media sosial. Banyak yang menyambutnya dengan senang. 

Addie MS me-retweet unggahan Syed Saddiq itu dengan pengantar: 

"Menteri termuda (25 th) Syed Saddiq yg baru diangkat oleh pemimpin tertua pemerintahan Malaysia (93 th) PM Mahathir. Semobil dgn Presiden Jokowi yang gahol abis. Sabi, broh...!"

Seorang netizen, Suci Lestari, mengunggah video itu di laman Facebooknya. Ia menulis:

"Menteri termuda (25 th) Syed Saddiq yang baru diangkat oleh pemimpin tertua pemerintahan Malaysia (93 th) PM Mahathir.
Semobil dengan Presiden Jokowi
Tetep fokus yeah broh...!

#Jokowi #SyedSaddiq #AsianGamesKita"

Unggahan itu diserbu banyak komentator

"Salah satu penggemar Pak Joko. Berarti beliau ini cebong terganteng #kata tetangga sebelah," Nur Istiqomah Sari.

"Mereka berdua keren," Agung Agung Yulianti.

Di Twitter-nya, Syed Saddiq juga bercerita ia di Indonesia melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Imam Nahrawi, kemudian bertemu Presiden Joko Widodo, dan esok akan ke Surabaya memberikan dukungan pada pasukan U-19 Malaysia. 

"Susah dan senang bersama," tulisnya. 

JokowiPresiden Joko Widodo melempar bola saat mencoba lintasan arena Jakabaring Boling Center, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/7/2018). Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja, mengunjungi arena boling untuk memastikan kesiapannya untuk pelaksanaan Asian Games 2018. (Foto: Antara/Nova Wahyudi)

Kesiapan Asian Games

Presiden Joko Widodo sendiri sejak Kamis (12/7) hingga Sabtu (14/7) melakukan kunjungan kerja di Kota Palembang, Sumatera Selatan dalam rangka meninjau kesiapan infrastruktur Asian Games ke-18 yang akan dibuka pada 18 Agustus 2018 dan membuka Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden 2018.

Jumat (13/7) Presiden meninjau kesiapan sarana kereta ringan atau Light Rail Transit di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, dengan menumpang LRT itu sambil berharap terbangun budaya disiplin.

"Ini adalah kereta ringan LRT pertama di Indonesia, yang telah kita mulai jalankan. Pertama memang dalam rangka menyambut Asian Games 2018, tetapi juga dalam jangka panjang kita ingin memberikan pilihan alternatif kepada masyarakat," kata Presiden usai meninjau uji coba LRT Palembang di Stasiun Jaka Baring Sport City, Palembang pada Jumat (13/7) dilansir Antara.

Presiden menumpang gerbong LRT dari Stasiun Palembang Icon hingga Jaka Baring Sport City.

Rangkaian LRT yang ditumpangi Presiden berwarna putih dengan corak garis biru dan kuning.

Dengan LRT, Presiden ingin pembangunan budaya SDM Indonesia meningkat dengan mempelajari sikap disipilin.

"Kita harapkan nanti sekali lagi kita ingin membangun sebuah budaya disiplin, budaya antre, budaya menggunakan transportasi massal, dan ini akan lebih efisien daripada kalau kita menggunakan mobil-mobil pribadi," kata Presiden.

Sejumlah pejabat yang mendampingi Presiden dalam acara peninjauan LRT itu antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Kereta api ringan tersebut sudah diuji coba oleh Kementerian Perhubungan.

Untuk tahap awal, LRT Palembang akan digunakan untuk sarana transportasi Asian Games 2018. Usai perhelatan olah raga itu, masyarakat umum dapat memanfaatkannya sebagai moda transportasi.

Jalur LRT terbentang mulai dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II menuju kawasan olahraga Jaka Baring Sport City, Palembang.

Kereta ringan itu akan melalui sejumlah kawasan wisata di Palembang antara lain Pasar Cende, Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, serta Sungai Musi yang terkenal.

Pertemuan Syed Saddiq dan Jokowi berlangsung di Palembang, Sabtu (14/7). Jokowi mengajak Saddiq meninjau persiapan Asian Games di Palembang. Jokowi mengenakan kaus Asian Games warna putih. Saddiq memakai jaket Asian Games warna hitam.

Dalam kesempatan itu Saddiq mengaku takjub melihat beberapa venues, dan ia menyebut dirinya bagian dari kita, memiliki tugas bersama menyukseskan Asian Games. 

Seperti Jokowi yang nyaris selalu diajak selfie warga di manapun berada, menteri termuda dan paling ganteng dari Malaysia ini juga menjadi sasaran selfie warga Palembang. (af)

Berita terkait
0
Unik Peragaan Busana di Kulon Progo
Peragaan busana biasanya dilakukan di gedung-gedung mewah, namun di Kulon Progo peragaan busana diselenggarakan di kebun teh.