Surya Tjandra Dukung Transformasi Digital di Sumba Timur

Wamen ATR/BPN Surya Tjandra mendukung transformasi digital di Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Timur untuk keberhasilan pembangunan.
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Surya Tjandra. (Foto: Tagar/Kementerian ATR/BPN)

Jakarta - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Surya Tjandra mendukung transformasi digital di Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Timur. 

Surya Tjandra mengatakan, keberhasilan pembangunan pelayanan pertanahan di setiap daerah dalam mendukung visi transformasi digital tidak terlepas dari peran Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. 

Meski ditempatkan di daerah yang jauh dari ibu kota negara, ia berharap hal tersebut tidak menyurutkan semangat para pegawai yang bertugas di Kantor Pertanahan di daerah. Sebab, setiap langkah perubahan, terutama di wilayah Provinsi NTT akan menjadi perhatian nasional.


Kami kerjakan digitalisasi setelah kami validasi semua dokumen buku tanah kemudian kami tata kami siapkan tempatnya perjalanan digitalisasi telah tervalidasi aktual 99 %.


"Terima kasih sekali lagi, teman-teman yang baru ditunjuk di sini jangan berkecil hati. Di sini, apa yang kita kerjakan menarik perhatian besar. Sumba Timur, Sumba secara umum menjadi perhatian di pusat. Labuan Bajo, Manggarai Barat, itu juga perhatian nasional," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa, 21 September 2021. 

"Jadi apapun yang bapak/ibu lakukan, sekecil apapun perubahan, termasuk mimpinya Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Kantor Pertanahan membangun ZI itu istimewa sekali. Saya kira satu langkah demi langkah terus dilakukan," ucapnya.

Sebagai kantor pelayanan publik, Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Timur turut mewujudkan transformasi digital yang mana telah dicanangkan oleh Kementerian ATR/BPN, yakni dengan mendigitalisasi data pertanahan secara menyeluruh. 

"Kami kerjakan digitalisasi setelah kami validasi semua dokumen, buku tanah, kemudian kami tata, kami siapkan tempatnya. Perjalanan digitalisasi telah tervalidasi aktual 99 %. Ini upaya prioritas kami mendukung layanan elektronik di tahun 2021 ini dan sesuai program Kementerian ATR/BPN yaitu transformasi digital," ujar Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Timur, Eksam Sodak.

Lebih lanjut, Eksam Sodak menuturkan jika proses mendigitalisasi data pertanahan telah digencarkan kepada setiap jajarannya. Seluruh data pertanahan yang telah terdigitalisasi terbukti mampu membuat pekerjaan di Kantor Pertanahan menjadi lebih mudah dan dapat meminimalisir antrean yang ada. Maka dari itu, ia terus mendorong jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Timur untuk tercapainya digitalisasi.

"Kami kerjakan selama enam bulan dan telah mendigitalisasi buku tanah dan surat ukur. Itu kami lakukan dengan semangat bahwa kita bisa melakukan itu tanpa kita harus menunggu," ucap Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Timur.

"Karena layanan elektronik sudah mulai diterapkan di tahun 2020. Kami bisa melaksanakan layanan elektronik di NTT pertama kali, di Sumba Timur. Layanan elektronik dalam bentuk Pengecekan Sertipikat Tanah dan Hak Tanggungan Elektronik," katanya. []

Berita terkait
Kementerian ATR/BPN Dorong Pendaftaran Tanah di Flores
Kementerian ATR/BPN menyampaikan pentingnya pendaftaran dan pemetaan tanah masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
Strategi Kementerian ATR/BPN Atasi Permasalahan Pertanahan
Kementerian ATR/BPN siapkan strategi untuk mengatasi permasalahan di kawasan super prioritas nasional tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat.
Kementerian ATR/BPN Gagas Inovasi Transformasi Digital
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggagas inovasi terbaru berupa program transformasi digital di Indonesia.
0
Surya Tjandra Dukung Transformasi Digital di Sumba Timur
Wamen ATR/BPN Surya Tjandra mendukung transformasi digital di Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Timur untuk keberhasilan pembangunan.