Survei Parameter Politik: Prabowo Capres 2024 Pilihan Wong Cilik

Secara sosiologis Prabowo cenderung dipilih oleh masyarakat berpenghasilan dan berpendidikan rendah.
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. (Foto: Instagram @kemhanri)

Jakarta - Survei Nasional Parameter Politik bertajuk Peta Politik Nasional menuju Pilpres 2024 yang dirilis pada Sabtu, 5 Juni 2021 menunjukkan tiga kandidat terkuat di Pemilihan Presiden (Pilpres) Pemilu 2024 adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. 

Secara sosiologis Prabowo cenderung dipilih oleh masyarakat berpenghasilan dan berpendidikan rendah. Sedangkan Anies Baswedan dipilih masyarakat berpendidikan tinggi, memiliki medsos.

Di antara ketiganya, elektabilitas Prabowo paling unggul dan menempati posisi teratas. Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno menyebutkan, setiap Calon Presiden (Capres) memiliki karakteristik keunggulan masing-masing.

"Ganjar Pranowo kuat dan mendominasi di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sebagian Jawa Timur. Sedangkan Anies Baswedan sama dengan Prabowo, kuat di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta," tutur Adi Prayitno Sabtu, 5 Juni 2021.

Prabowo, Anies, dan GanjarPrabowo, Anies, dan Ganjar Calon Presiden Teratas. (Foto:Tagar/galajabar)

Adi Prayitno meyakini, dengan Pulau Jawa yang meliputi 57,2% terbagi menjadi dua wilayah, kontestasi diantara ketiga calon Presiden tersebut.

"Prabowo Subianto memiliki suara yang lebih merata karena dia sebelumnya mengikuti Pilpres 2019 dengan Sandiaga Uno. Ganjar Pranowo cenderung dominan kuat di sekitar Jawa Tengah," tandas Adi.

Sedangkan untuk Anies Baswedan memiliki karakteristik kuat di sekitar DKI Jakarta (Jawa Barat dan Banten).

"Secara sosiologis Prabowo cenderung dipilih oleh masyarakat berpenghasilan dan berpendidikan rendah. Sedangkan Anies Baswedan dipilih masyarakat berpendidikan tinggi, memiliki medsos, dan terkonsentrasi lebih dari 50% pemilih PKS. Sementara Ganjar Pranowo didukung PDIP PKB, Nasdem dan PSI," ungkap Adi.

Adapun Survei Nasional Parameter Politik bertajuk Peta Politik Nasional menuju Pilpres 2024 dilakukan pada 23-28 Mei 2021 diikuti 1.200 responden melalui survei telepon dengan margin of error survei sebesar ± 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. []

Berita terkait
Jawara Elektabilitas Parpol: PDIP, Gerindra, dan Golkar
PDIP, Gerindra, dan Golkar masih menjadi tiga partai terkuat elektabilitasnya.
Politikus PDIP Usulkan Duet Puan-Anies di Pilpres 2024
Politikus PDIP Effendi Simbolon memberikan usulan agar Puan Maharani berduet dengan Anies Baswedan di pemilihan presiden 2024 bukan dengan Prabowo.
Gerindra: Peluang Prabowo Nyapres Disokong PDIP di 2024
Sekretaris Jendral Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan peluang Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden 2024 diusung Ketum PDIP.
0
Survei Parameter Politik: Prabowo Capres 2024 Pilihan Wong Cilik
Secara sosiologis Prabowo cenderung dipilih oleh masyarakat berpenghasilan dan berpendidikan rendah.