Jakarta, (Tagar 4/9/2018) - Pesta olahraga terbesar se-Asia telah usai. Kesuksesan Indonesia dalam perhelatan Asian Games pun masih hangat diperbincangkan publik. Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak ketinggalan turut menggemakan kesuksesan Asian Games di Jakarta-Palembang.

SBY memuji capaian prestasi di Indonesia, atlet-atlet yang telah berdedikasi, hingga hasil kerja keras Presiden Jokowi, melalui gaya khasnya, yakni cuitan di akun Twitter miliknya @SBYudhoyono.

Jokowi dan SBYPresiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono pada Rapimnas Demokrat 2018 di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Sabtu (10/3). (Foto: Tagar/Gilang)

"Prestasi Indonesia dalam Asian Games 2018 ini harus kita syukuri dan acungi dua jempol. Kita semua bangga *SBY*," tulisnya pada 17:38 WIB, Senin (3/9).

"Saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan semua pihak yang telah bekerja keras, sehingga Asian Games 2018 ini sukses besar *SBY*," dalam cuitan SBY berikutnya.

SBY pun turut mendukung langkah Jokowi, yang menjual kesuksesan Asian Games kini, untuk menjadikan Indonesia tuan rumah Olimpiade 2032. Sembari membandingkan kesuksesannya saat menjadi tuan rumah Sea Games 2011.

"Ide Presiden Jokowi untuk mencalonkan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 menurut saya baik dan perlu menjadi atensi kita semua *SBY*," cuit SBY pukul 17:42 WIB.

"Tahun 2011 dulu Indonesia juga sukses besar selenggarakan Sea Games & jadi juara pertama. Setelah itu, kita berjuang dan berhasil jadi tuan rumah Asian Games 2018 ini *SBY*," cuitnya lagi 17:43 WIB.


Jokowi - PrabowoDua calon presiden dalam Pilpres 2019, Jokowi dan Prabowo. (Foto: Biro Pers Setpres/Laily Rachev)


Tak hanya SBY, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pun turut mengapresiasi ksesuksesan Asian Games. Calon presiden dari Partai Gerindra mengucapkan terima kasih atas capaian prestasi yang diraih semua pihak, termasuk pemerintah.

"Alhamdulillah kita bersyukur, perjalannya saya kira bagus, baik dan prestasi kita baik. Saya saya ucapkan selamat kepada penyelenggara kepada pemerintah, mudah-mudahan ini menjadi bekal bagi kita untuk selanjutnya," tutur Prabowo di kediamannya, Jakarta, Senin (3/9).

Kedok Klaim Sukses Diri

Peneliti di Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati menilai, memang ada sisi baiknya dari SBY yang mengapresiasi kesuksesan Asian Games.

tweet sbyCuitan SBY di Twitter. (Foto: Twitter/@SBYudhoyono)


"Ya saya pikir, ada sisi baiknya ketika SBY mengapreasiasi prestasi Jokowi ini," ujarnya kepada Tagar News, di Jakarta, Selasa (4/9).

Namun, ia menyayangkan, dalam cuitan-cuitan berikutnya terkait sikap klaim SBY. Sebab, akan mengurangi sisi kenegarawanan Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.

twit sbyCuitan SBY di Twitter. (Foto: Twitter/@SBYudhoyono)

"Sayangnya hal itu kemudian diikuti oleh sikap klaim diri, bahwa SBY juga andil dalam Asian Games 2018 ini. Nah itu, yang menurut saya agak mengurangi sisi kenegarawanan SBY," sambung Wasisto.

Bagaimana dengan sikap Prabowo yang juga mengapresiasi kesuksesan Asian Games?

Prabowo memang Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Atlet-atletnya pun terbukti memborong 16 emas. Namun, Wasisto melihat, pernyataan Prabowo mencerminkan diri bahwa dirinya menjaga citra dirinya.

"Prabowo juga sebenarnya menjaga citranya bahwa ini bukan prestasi individu, tapi semuanya. Meskipun PS sendiri dieluk-elukan karena membawa Pencak Silat jadi kontributor medali emas terbanyak," jelasnya.

Teladan Rakyat

Grace NatalieGrace Natalie Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Salah satu partai baru yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pun turut mengakui kesuksesan Asian Games 2018. Kesuksesan penyelenggaraan yang menurut PSI, harumnya diakui dunia.

"Bagus banget. Asian Games mengingatkan kita pada semangat sportivitas dan fair play. Dunia pun memberi apresiasi kepada Indonesia," terang Ketua Umum PSI Grace melalui pesan WhatsApp kepada Tagar News, di Jakarta, Selasa (4/9).

Grace pun mengambil sisi posisitif dari sikap dua negarawan, yakni SBY dan Prabowo yang turut mengapresiasi kesuksesan Asian Games.

Menurut partai pendukung koalisi Jokowi ini, sikap dua negarawan itu akan membawa teladan bagi rakyat Indonesia.

"Langkah SBY dan Prabowo yang juga mau mengapresiasi akan menjadi teladan buat seluruh rakyat Indonesia, bahwa meski tengah berkompetisi kita harus tetap bisa menghargai hasil kerja orang lain," tandas Grace. []