Sudah Tidak Ada Zona Merah Covid-19 di Jakarta

Penurunan kasus Covid-19 terjadi karena semakin meningkatnya disiplin masyarakat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampiakan sudah tidak ada lagi zona merah di ibu kota.

"Saat ini sudah tidak ada zona merah ya, adanya kuning, hijau," kata Riza saat ditemui di Balai Kota DKI Selasa (7/9) malam.

Mesk demikian, semua Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19 akan tetap disiagakan sebagai antisipasi apabila asa peningkatan kasus Covid-19 yang tak diinginkan. Karena itulah, Riza tetap meminta agar masyarakat bisa menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan baik, demi menjaga tren positif dalam mengekang wabah di ibu kota.

"RS semuanya standby, sekalipun ada penurunan yang signifikan, tenaga kesehatan, obat-obatan, oksigen, semuanya standby," ujarnya.



Saat ini sudah tidak ada zona merah ya, adanya kuning, hijau.



Riza menambahkan kesiapsiagaan RS itu akan terus dilakukan untuk berjaga-jaga apabila kasus kembali naik. Walaupun, dia berharap kasus positif bisa terus menurun.

"Tentunya kita tidak mengharapkan ada peningkatan, kita berharap ada penurunan seiring dengan meningkatnya vaksin," katanya.

Menurut Riza, penurunan kasus Covid-19 juga terjadi karena semakin meningkatnya disiplin masyarakat. Karena itulah, Riza meminta agar masyarakat bisa terus menaati protokol kesehatan sebagai kebutuhan sehari-hari.

"Jangan karena ada regulasi, aturan, karena ada aparat yang hadir mengontrol, karena adanya sanksi yang berat baru kita disiplin saja. Tetapi sebaliknya jadikan protokol kesehatan sebagai kebutuhan," tegasnya.

Untuk kedepannya, Pemprov DKI Jakarta juga akan semakin mengetatkan aturan bagi pelanggar protokol kesehatan untuk menurunkan mata rantai penyebaran Covid-19. []


Baca Juga :

70% Penduduk Dapat Suntikan Vaksin Covid-19 di Akhir Tahun

Covid-19 Varian Mu Tidak Ditemukan di Indonesia

Wapres Dorong Pelaksanaan PTM Terbatas Bagi Perguruan Tinggi

Menteri Nadiem Minta Kampus Buka Opsi PTM






Berita terkait
Kasus Covid-19 Turun Saatnya Perkuat Ketahanan Medis
Saat ini Indonesia telah melewati masa puncak kasus Covid-19, kasus konfirmasi, perawatan di rumah sakit, dan kematian juga terus turun
Pengendalian Covid-19 untuk Transisi Pandemi ke Endemi
Pemerintah telah mencanangkan pergeseran fase pandemi menjadi endemic, sehingga BNPB perlu menerjemahkannya menjadi peta jalan jangka panjang.
Proses Mengubah Kondisi Pandemi ke Endemi Butuh Waktu
Indonesia bertekad untuk mempertahankan kondisi kasus Covid-19 yang cukup terkendali.
0
Sudah Tidak Ada Zona Merah Covid-19 di Jakarta
Penurunan kasus Covid-19 terjadi karena semakin meningkatnya disiplin masyarakat.