Shin Tae-yong Belajar Tentang Islam Semenjak Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Tujuan dirinya belajar tentang Islam adalah agar bisa tahu waktu-waktu ibadah para anak didiknya di Timnas Indonesia.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Shin Tae-yong belajar tentang Islam dengan serius semenjak menjadi pelatih Timnas Indonesia, 

Pria asal Korea Selatan mengungkapkan dirinya harus belajar tentang budaya Islam mengingat Indonesia sendiri memiliki kondisi masyarakat yang mayoritasnya merupakan umat Muslim.

Shin menceritakan hal itu pada saat ditanya pada momen wawancara oleh media Sportal Korea pada awal Tahun 2020 lalu.

“Tetapi pasti sulit bagi pelatih dan staf pelatih untuk beradaptasi dengan para pemain ini secara khusus, apakah tidak jauh berbeda dengan Korea dalam aspek agama dan budaya?" Tanya Reporter media Korea Selatan.

Sontak Shin langsung menjawabnya  dengan antusias

“Sejak awal, saya mencoba memahami budaya Islam. Ada seorang dokter di Jakarta yang masuk Islam. Saya mengajaknya dan mendengarkan budaya Islam selama kurang lebih 3 jam,” katanya sebagaimana dikutip dari laman Sportal Korea pada 8 Januari 2022.

Shin juga menuturkan bahwa tujuan dirinya belajar tentang Islam adalah agar bisa tahu waktu-waktu ibadah para anak didiknya di Timnas Indonesia.

Dengan mengetahui hal tersebut, ia berharap bisa memberi porsi latihan yang sesuai, agar bisa tetap menghormati serta tidak mengganggu waktu beribadah para pemain.

“Saya belajar tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam budaya Islam, terutama bagian-bagian yang harus diperhatikan dan saya berjanji kepada pelatih dan pemain lokal bahwa akan menghormati agama dan waktu sholat,” ujar Shin.

“Saya sudah menemukan kompromi dengan mengatakan bahwa mereka akan melakukan shalat pada waktu tertentu sebelumnya. Saya melakukannya dengan sangat baik tanpa ketidaknyamanan sama sekali dalam pelatihan,” lanjutnya.

Shin Tae-yong memiliki karier dan prestasi yang sangat bagus, sudah banyak pihak yang mengetahuinya baik di level klub maupun level negara.

Klub yang dilatih Shin Tae-yong pernah sukses meraih juara 1 liga Champion Asia di klub Seongnam FC dan juga pernah mempersembahkan piala juara 1 Piala Korea kembali untuk Seongnam FC.

Pada level negara Shin pernah diminta untuk menjadi pelatih kepala di Timnas Korea Selatan guna menghadapi Piala Dunia di Rusia.

Shin Tae-yong juga sempat membuat heboh dunia, karena berhasil melibas Jerman dengan skor akhir 2-0 di fase grup Piala Dunia 2018. []


Baca Juga

Berita terkait
Shin Sambut Baik Ketertarikan Klub Luar Negeri pada Pemainnya
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menyambut baik ketertarikan klub-klub luar negeri kepada anak-anak asuhnya berjuang di AFF 2020.
Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia akan taklukkan Thailand
Indonesia harus menang dengan selisih minimal lima gol pada leg kedua untuk menjadi juara Piala AFF 2020.
Timnas Indonesia Kalah, Shin Tae-yong: Thailand Bermain dengan Sempurna
Timnas Indonesia sudah kebobolan saat laga baru berjalan dua menit lewat sepakan keras dari Chanatip Songkrasin.
0
Beberapa Olahraga yang Membantu Menurunkan Berat Badan
Seiring berjalannya waktu, durasi dan intensitas olahraga yang Anda lakukan bisa bertambah dan proses pembakaran lemak dalam tubuh meningkat.