UNTUK INDONESIA
Sejarah Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB 24 Oktober
Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) diperingati setiap tanggal 24 Oktober setiap tahunnya. Tujuannya untuk mendorong perdamaian global.
Ilustrasi Gedung dan logo PBB. (Foto:Tagar/Sejarah Negara.com)

Jakarta - Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) diperingati setiap tanggal 24 Oktober setiap tahunnya. PBB atau United Nations, adalah organisasi internasional yang pertama kali berdiri pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional dan perdamaian global.

Badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa yang didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik serupa. Wikipedia menulis, waktu pertama kali didirikan, PBB memiliki 51 negara anggota sedangkan saat ini terdapat 193 anggota.

PBBSidang Umum PBB. (Foto:Tagar/Infonawacita.com)

Indonesia sendiri, resmi menjadi anggota PBB pada 28 September 1950. Namun pada 20 Januari 1965, Indonesia keluar dari organisasi tersebut sebagai bentuk protes terhadap PBB lantaran menerima Malaysia sebagai anggota tidak tetap.

Saat itu, Indonesia dan Malaysia sedang terlibat konfrontasi. Meski demikian, pada 28 September 1966, Indonesia resmi kembali menjadi anggota PBB.

Markas Besar PBB ada di New York, Amerika Serikat, dan memiliki hak ekstra teritorialitas. Kantor utama lain terletak di Jenewa, Nairobi, dan Wina. Organisasi ini didanai dari sumbangan dan sukarela dari negara-negara anggotanya.

PBB memiliki tujuan utama menjaga perdamaian dan keamanan dunia, Memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antarbangsa melalui penghormatan hak asasi manusia, Membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.

PBB juga merupakan pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara yang membahayakan perdamaian dunia, Menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

Sejarah PBB dimulai ketika Perang Dunia II, Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt memulai pembicaraan mengenai badan penerus Liga Bangsa-Bangsa dengan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill di atas kapal perang Augusta di teluk Newfoundland.

Piagam PBB sendiri disusun dalam sebuah konferensi pada April-Juni 1945 dan mulai berlaku pada 24 Oktober 1945 dimana mulai beroperasinya badan perdamaian dunia ini.

Sidang Umum PBB yang pertama kali dihadiri wakil dari 51 negara yang berlangsung pada 10 Januari 1946 di Church House, London Inggris. PBB juga berhasil memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2001. Selain itu, beberapa petugas dan badannya yang bernanung dibawahnya juga telah memperoleh hadiah tersebut. []

Berita terkait
Sejarah Hari Museum Nasional 12 Oktober Terlengkap
Hari Museum Nasional, diperingati tanggal 12 Oktober. Ketetapan ini, berdasarkan Musyawarah Museum se-Indonesia 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta.
Sejarah Hari Parlemen Indonesia 16 Oktober
Hari Parlemen Indonesia diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Menandai pentingnya lembaga perwakilan yang berfungsi mewadahi aspirasi masyarakat.
Hari Radang Sendi Sedunia 12 Oktober, Kenali Gejalanya
Hari Radang Sendi Sedunia diperingati setiap tanggal 12 Oktober agar masyarakat perduli dan memberikan perhatian serius terhadap penyakit tersebut.
0
Gara-gara Handphone Suami Tega Bunuh Istri di Bandung
Hanya masalah handphone, seorang suami di Bandung tega membunuh istrinya yang sedang hamil tujuh bulan.