Jakarta, (Tagar 6/11/2018) - Ucapan turut berduka cita atas meninggalnya ibunda dari salah seorang Top 9 Indonesian Idol Junior 2018 Gemilang Abednego atau yang lebih akrab disapa Gogo Simanjuntak, ramai disampaikan para netizen dan pendukung Gogo, Senin (5/11) malam.

"Turut berduka cita atas meninggalnya ibunda Gogo Simanjuntak br. Sinaga. Kepada lae Pak Gogo Simanjuntak dan keluarga besar diberi ketabahan, hatop ma hamu tarapul (semoga cepat pulih), dan cita-cita Gogo Simanjuntak bisa juara Idol Junior 2018 Tuhan berkati!" ujar pendiri Group Komunitas Masyarakat Tapanuli (MTU1) Malwin Sitompul di akun Facebooknya, yang disambut ratusan balasan komentar yang turut mengucapkan rasa duka mendalam atas wafatnya ibunda Gogo.

"Sedih banget Gogo masih kecil sudah kehilangan ibu. Turut berduka cita yang mendalam. Kasihan Gogo Idol Junior ... Semoga Gogo bisa menjadi pemenang di Idol Junior 2018 ... Ayooo kita support Gogo dengan vote," timpal Hilda Thawila Utin pada kolom komentar menyambut status Facebook Malwin Sitompul.

Sementara itu kerabat Gogo di Medan, Rio Simanjuntak mengaku sangat sedih dan terkejut mengetahui kabar meninggalnya ibunda Gogo di Jakarta.

"Iya, kami terkejut dan sangat sedih mendengar kabar duka kalau kakak, ibunda Gogo meninggal dunia apalagi di saat Gogo butuh dukungan dari ibundanya," ucap Rio sambil menangis.

Rio mengenal keluarga Gogo, sejak keluarga Gogo masih tinggal di Kota Bagan Batu, Provinsi Riau yang berbatasan dengan Kecamatan Labuhan Batu Selatan Sumatera Utara.

"Keluarga saya terutama Bapak saya dekat dengan Bapaknya Gogo. Kami tinggal di Torgamba dan Gogo di Bagan Batu. Dan ketika pesta pernikahan saya waktu itu Gogo berumur sekitar 3 tahun dia menyanyikan sebuah lagu dengan bagus. Bahkan ada videonya tapi belum saya bagikan," ujar Rio.

Ia menceritakan, bahwa keluarga Gogo sangat mencintai musik. Bahkan Ayahanda Gogo punya usaha penyedia alat musik untuk ditampilkan di tiap kali ada pesta.

Dikatakannya, usaha orang tua Gogo di bidang musik terbilang cukup sukses di wilayah Bagan Batu dan Labuhan Batu selatan.

"Setahu saya, Gogo itu anak bungsu. Kedua orang tua sangat sayang sama Gogo, yang mereka ketahui punya bakat bernyanyi dan bermain musik sejak kecil," cerita Rio.

Mengetahui bakat anak bungsunya, kedua orang tua Gogo sepakat untuk pindah ke Ibu Kota Jakarta demi mendukung bakat sang anak.

Bahkan lebih lanjut diceritakan Rio, demi anak bungsunya tersebut, kedua orang tuanya Gogo menjual harta miliknya di Bagan Batu untuk bisa hidup di Jakarta.

"Sejak mereka pindah, kami hanya tahu kabar Gogo dari acara lomba bakat anak-anak di TV yang diikuti Gogo. Bapaknya Gogo sering SMS bapak saya agar Gogo didukung," jelasnya.

Namun, sampai Ibunda Gogo meninggal dunia, Rio mengaku, sebelumnya tak pernah terdengar kabar bahwa Ibunda Gogo menderita sakit yang sangat serius.

"Itu makanya kami semua terkejut. Karena sosok ibunda Gogo itu selalu kelihatan kuat dan bersemangat tak sedikitpun menunjukkan kesan terkena penyakit. Baru kita tahu sakit dan sudah berada di Rumah Sakit ketika Gogo tampil di panggung Top 9 Indonesian Idol Junior 2018, Jumat (2/11) yang lalu.

Pada waktu itu oleh pembawa acara Daniel Mananta, Gogo ditanyai mengenai keberadaan sang ayah. Kabar mengejutkan pun didapat lewat jawaban polos Gogo.

"Papa lagi nemenin Mama di rumah sakit. Tadi pagi dapat kabar mama drop," ujar dia.

Ternyata, ibunda Gogo sudah sejak tiga bulan lalu dirawat. Kata Gogo, sang ibu sedang berjuang melawan penyakit kanker serviks.

Setelah memberikan penjelasan, Gogo pun diminta membawakan satu lagu spesial untuk sang ibu. Sambil terisak, Gogo coba menitipkan pesan kepada wanita yang telah melahirkannya.

"Mama terus berjuang ya. Disini Gogo sedang berjuang untuk bisa membanggakan keluarga," katanya.

"Mudah-mudahan lagu tadi bisa membuat mama semakin kuat. Bisa membuat mama tetap semangat berjuang," timpal Daniel Mananta.

Tim produksi Indonesian Idol Junior 2018 sendiri sebelumnya sempat memutarkan tayangan saat ibunda Gogo mengucapkan selamat atas kelolosan putranya ke Babak Spektakuler. Momen penuh haru itu bahkan sampai membuat Rossa ikut meneteskan air mata di bangku juri. []

Lihat video saat Gogo menyanyikan lagu khusus untuk mamanya: