UNTUK INDONESIA
Salah Antar Mesir ke-16 Besar Piala Afrika
Mohamed Salah mengantarkan Mesir ke-16 Besar Piala Afrika 2019 setelah mengalahkan Rep. Demokratik Kongo 2-0, Kamis 27 Juni 2019.
Mesir melaju ke-16 Besar Piala Afrika 2019 setelah mengalahkan Rep. Demokratik Kongo 2-0 di laga Grup A di Stadion International, Kairo, Kamis 27 Juni 2019. Tampak bintang Mesir Mohamed Salah (tengah) merayakan gol bersama pemain lain. (Foto: cafonline.com)

Jakarta - Bintang Mesir Mohamed Salah sukses mengantarkan tim ke-16 Besar Piala Afrika 2019. Mesir memastikan langkah ke babak berikutnya setelah mengalahkan Republik Demokratik Kongo 2-0 di laga kedua penyisihan Grup A di Stadion International Kairo, Kamis 27 Juni 2019 pagi WIB.

Salah turut menyumbang gol bagi kemenangan Mesir atas lawannya. Hasil tiga poin itu menjadikan Mesir mengukuhkan posisinya di puncak klasemen Grup A dengan poin enam. Meski menyisakan satu pertandingan lagi melawan Uganda, namun The Pharaohs sudah memastikan mengantongi tiket ke babak knockout

Mereka menyusul Nigeria yang memastikan lolos usai menang 1-0 atas Guinea. Kemenangan itu menjadikan Nigeria meraup poin enam dan menduduki puncak klasemen Grup B. 

Saya salut pada Kongo yang tampil bagus, terutama di babak kedua. Sebaliknya kami masih sedikit lelah usai melawan Zimbabwe. Saya harus mencari solusi untuk mengatasi problem ini

Sedangkan Kongo yang sudah dua kali menelan kekalahan dan belum memiliki poin belum beranjak dari posisi juru kunci grup. Meski demikian, Kongo masih berpeluang untuk melaju bila mampu mengalahkan Zimbabwe di laga terakhir. Bila menduduki peringkat tiga, Kongo bisa berharap menjadi salah satu dari empat tim yang memiliki posisi ketiga terbaik.

Berinisiatif Melakukan Tekanan

Di laga tersebut, Mesir sesungguhnya kalah agresif dibandingkan Kongo yang berinisiatif melakukan tekanan. Hanya usaha mereka tak membuahkan hasil. 

Sebaliknya, Mesir yang secara pelahan mulai keluar dari tekanan lawan mampu bangkit. Bahkan mereka mampu mengungguli Kongo di menit 25. Gol tuan rumah dihasilkan kapten El Mohamady yang tidak membuang kesempatan kedua saat bola sundulannya dihalau belakang belakang Kongo. Namun bola liar kemudian langsung disambar Mohamady. 

Menjelang akhir babak pertama, Salah memantapkan keunggulan Mesir. Gol tercipta lewat serangan kilat yang diakhiri dengan tembakan kaki kiri pemain depan Liverpool ini. 

Tertinggal dua gol sesungguhnya membuat Kongo bermain lebih agresif pada babak kedua. Sebaliknya Mesir lebih banyak bertahan untuk mengamankan keunggulannya. Dari 13 peluang yang diperoleh Kongo tak satupun yang bisa membobol gawang tuan rumah. Skor 2-0 bertahan sampai akhir laga. 

Meski menang dan lolos ke babak selanjutnya, namun pelatih Mesir Javier Aguirre mengakui timnya tak bisa menunjukkan performa terbaik. Pasalnya sebagian pemain terlihat masih kelelahan usai laga melawan Zimbabwe. Pelatih asal Meksiko ini justru memuji penampilan bagus Kongo, terutama di babak kedua. 

"Saya salut pada Kongo yang tampil bagus, terutama di babak kedua. Sebaliknya kami masih sedikit lelah usai melawan Zimbabwe. Saya harus mencari solusi untuk mengatasi problem ini," kata Aguirre.

"Meski demikian, saya tetap puas karena kami bisa mengontrol pertandingan di babak pertama dan meraih enam poin sehingga lolos ke babak selanjutnya," ujarnya. 

Di laga terakhir penyisihan grup, Aguirre merencanakan merotasi pemain. Menurut dia ini merupakan antisipasi dengan kelelahan yang dialami pemain. 

"Saya akan menurunkan pemain yang belum pernah dimainkan karena sebagian pemain kami masih kelelahan. Saya puas dengan pertahanan tim karena di dua pertandingan kami bisa clean sheet," ucap pelatih yang pernah menangani Atletico Madrid dan tim nasional Jepang ini. []

Berita terkait Piala Afrika:

Berita terkait
0
Bagasi Motor Pelaku Bom Medan Berisi Peluru Kaliber
Brimob Polda Sumatera Utara mengamankan sepeda motor pelaku bom bunuh diri di Medan, ditemukan selongsong peluru kaliber 22.