UNTUK INDONESIA
Rusia Tunggu Informasi Kesepakatan Turki dan AS
Pemerintah Rusia masih menunggu informasi soal kesepakatan Turki dengan Amerika Serikat mengenai masalah kemelut di Suriah
Seorang gadis kecil mengambil sekantung roti yang diberikan tentara Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dekat desa Baghouz, provinsi Deir Al Zor, Suriah, Rabu (27/2/2019). (Foto: Antara/Reuters/Rodi Said)

Moskow - Pemerintah Rusia berharap pihaknya mendapat informasi dari Turki setelah Ankara sepakat dengan Amerika Serikat menangguhkan serangannya di Suriah selama lima hari, menurut laporan Kantor Berita RIA. "Kami berharap menerima informasi dari Turki," kata juru bicara Presiden Rusia, Dmitry Peskov.

Turki sepakat menghentikan operasi militernya di Suriah pada Kamis, 17 Oktober 2019 untuk membiarkan pasukan Kurdi mundur dari "zona aman" Ankara. Kesepakatan itu dipuji oleh pemerintahan Trump sebagai kemenangan penuh seperti dilansir Antara, Jumat, 18 Oktober 2019

Presiden Turki Tayyip Erdogan dijadwalkan menggelar pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin soal Suriah pada Selasa, 22 Oktober 2019 depan di Rusia selatan. Saat ini, Polisi militer Rusia dan tentara Suriah bergegas berebut kendali sejumlah wilayah di Suriah timur laut, yang sebelumnya dikuasai oleh Kurdi.

Sebelumnya diberitakan, Turki telah melancarkan serangan militer terhadap para pasukan kelompok Kurdi Suriah di timur laut pada Rabu, 9 Oktober 2019 setelah beberapa hari Amerika Serikat menarik pasukannya dari wilayah itu. Turki mengaku ingin segera menyerang Suriah timur laut sejak pasukan AS, yang selama ini bertempur dengan pasukan Kurdi untuk memerangi ISIS itu mulai hengkang setelah Presiden AS Donald Trump tiba-tiba mengubah kebijakan.

Menurut Erdogan operasi itu dilakukan bertujuan untuk memusnahkan jalur teroris di perbatasan selatan Turki. Namun, negara-negara Eropa meminta Ankara untuk menghentikan operasi tersebut.

Berita terkait
Suriah-Milisi Kurdi Berunding, Harapan Berhenti Perang
Perundingan antara pemerintah Suriah dengan Pasukan Demokratik Rusiah (SDF) diharapkan bisa menghentikan perang
Ratusan Anggota Keluarga ISIS Kabur dari Kamp di Suriah
Ratusan anggota keluarga ISIS melarikan dari kamp tahanan Ain Issa setelah kawasan itu dibombardir pasukan Turki pada Minggu, 13 Oktober 2019
Liga Arab Bereaksi Atas Agresi Turki ke Suriah
Liga Arab dijadwalkan bakal menggelar sidang darurat untuk membahas serangan militer Turki ke Suriah.
0
Harga Resmi Asus ZenFone 6 di Indonesia
Asus ZenFone 6 dengan flip kamera menjadikan kamera belakang juga berfungsi sebagai kamera depan sehingga memiliki resolusi sama.