UNTUK INDONESIA
Qualcomm Umumkan Quick Charge 5 Berdaya 100 Watt
Qualcomm Quick Charge 5 mampu mengisi baterai dari 0 hingga 50 persen hanya butuh 5 menit. Sedangkan pengisian hingga 100 persen cuma 15 menit.
Qualcomm Quick Charge 5. (Foto: The Verge)

Jakarta - Qualcomm ingin merebut kembali gelar raja pengisian daya cepat dengan memperkenalkan Quick Charge 5. Ini merupakan terobosan besar dari Quick Charge 4, di mana teknologi terbaru ini mendukung kecepatan pengisian 100 Watt.

Dilansir dari GSM Arena, Rabu, 29 Juli 2020, menurut tes yang dilakukan Qualcomm, baterai berkapasitas 4.500mAh dapat terisi dari 0 hingga 50 persen hanya dalam waktu 5 menit. Sedangkan untuk pengisian baterai hingga 100 persen membutuhkan waktu 15 menit saja.

Quick Charge 5 mendukung tegangan output antara 3,3 dan 20 Volt minimum, dengan arus 3,3 atau 5 Ampere. QC 5 ini dibangun di atas USB yang mendukung Power Delivery, sehingga teknologi ini dapat digunakan untuk perangkat Apple, mulai dari iPhone 7 hingga yang paling baru.

Qualcomm Quick Charge 5Qualcomm Quick Charge 5. (Foto: GSM Arena)

Qualcomm mengklaim sistem yang digunakan dalam Quick Charge 5 lebih aman daripada Power Delivery biasa. Didalamnya terdapat 8 tingkat perlindungan tegangan, 3 tingkat perlindungan termal, 3 timer perlindungan, dan perlindungan tegangan lebih dari 25 Volt.

Selain itu, chip pengontrol pengisian di dalam ponsel memiliki kemampuan untuk menahan pengisian daya yang berlebihan. Teknologi ini akan mengukur karakteristik pengisian dan menentukan arus maksimum aktual yang dapat disuplai sambil mengawasi termal.

Qualcomm berencana meluncurkan Quick Charge 5 dan chip pengontrol daya ini pada kuartal 3 2020. Teknologi pengisian daya cepat ini akan dapat didukung bagi pengguna ponsel yang menggunakan chipset Snapdragon 865 dan 865 Plus. 

Meskipun demikian, bukan berarti ponsel yang tersedia saat ini dapat menggunakan QC 5 ini, perangkat harus terlebih dahulu dipasangkan chip pengontrol.[]

Berita terkait
Qualcomm Meluncurkan Chipset 5G Snapdragon 768G
Qualcomm Technologies meluncurkan chipset terbaru untuk perangkat mobile Snapdragon 768G, yang merupakan generasi penerus Snapdragon 765G.
Qualcoom akan Luncurkan Quick Charge 3+
Qualcoom akan luncurkan Quick Charge 3+. Teknologi pengisian daya ini diklaim mengisi daya dari 0 hingga 50 persen dalam waktu 15 menit.
Qualcomm Quick Charge 5 Isi Baterai Cuma 5 Menit
Qualcomm Quick Charge 5 dapat mengisi daya baterai ponsel sebesar 50 persen hanya dalam tempo lima menit.
0
Qualcomm Umumkan Quick Charge 5 Berdaya 100 Watt
Qualcomm Quick Charge 5 mampu mengisi baterai dari 0 hingga 50 persen hanya butuh 5 menit. Sedangkan pengisian hingga 100 persen cuma 15 menit.